Sunday, 15-12-2019 12:58:59 pm
Home » Kabar Desa » Pesta Siaga Siswa SD – MI Kwartir Ranting Se- Kecamatan Sukolilo Pati

Pesta Siaga Siswa SD – MI Kwartir Ranting Se- Kecamatan Sukolilo Pati

(6340 Views) March 16, 2017 10:55 am | Published by | 1 Comment

Suarapatinews. Pati – Kegiatan Pesta Siaga yang di selenggarakan oleh gerakan pramuka kwarting ranting Kecamatan sukolilo kabupaten Pati, sangat antusias di sambut dengan meriah oleh siswa SD & MI se- Kecamatan Sukolilo. Pesta Siaga yang di gelar senin 13/2/2017 di Bumi Perkemahan Gadudero, tepatnya di halaman gedung PGRI ini di ikuti oleh ratusan siswa SD/MI se Kecamatan Sukolilo berjalan dengan baik, tertib dan sangat meriah.

IMG-20170213-WA0004

Dalam pembukaan pesta siaga ini, sebagai pembina upacara Ibu Camat sukolilo, dan sebagai penutup acara di pimpin oleh Camat sukolilo. Salam Pramuka ” Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana dengan Moto ” Maju dan Maju terus Maju, ini merupakan simbol dari Gerakan Pramuka Kwaran Sukolilo yang patut di banggakan.



Imam sopyan, Ketua Kwartir Pesta siaga atau panitia induk Kecamatan mengatakan, kegiatan ini adalah merupakan kegiatan pesta siaga  di kecamatan Sukolilo yang kita sudah menyelenggarakan setiap tahun sekali yang di ikuti oleh siswa SD/MI se Kecamatan sukolilo. Dengan berbagai kegiatan yang menyangkut tentang keimanan, olah raga dan seni, ketrampilan umum serta di bidang kepramukaan.

Materi kegiatan di harapkan siswa mampu memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha esa, siswa juga mampu menunjukan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur. Kemudian, siswa dididik agar bisa berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olah raga. Siswa di harapkan mampu memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya indonesia.

Kemudian kegiatan ini merupakan seleksi di Kecamatan yang nantinya di tingkat Kabupaten bagi yang meraih juara satu. Kegiatan  rutin yang di selenggarakan setiap tahun ini menjadi wahana bagi anak- anak didik utamanya di usia siaga sehingga nanti bisa untuk siswa yang rajin, trampil, pintar memiliki keimanan, keilmuan serta ketrampilan. Dan ini akan sangat mendukung tujuan pendidikan nasional melalui kegiatan kepramukaan.

Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan prestasi yang lebih baik bagi anak didik bisa meraih tingkat Kwarcab, tingkat Binwil bahkan bisa mewakili di eks Karesidenan. Walaupun belum mampu mencapai kejuaraan  umum tingkat daerah, tetapi ini menjadi motivasi bagi segenab jajaran pendidikan di wilayah kecamatan Sukolilo senantiasa membina dan mengembangkan kegiatan kepramukaan sehingga bisa berprestasi yang lebih baik lagi di masa – masa yang akan datang.

Jumarno, Kepala UPTD Kec Sukolilo menambahkan, setelah kegiatan pesta siaga ini, kami dengan seluruh tim akan memberikan pemantauan, bimbingan terkait persiapan nanti di tingkat Kwarcab sehingga benar – benar menghasilkan prestasi di tingkat kwarcab. Kalau tahun kemaren Sukolilo selalu di tingkat Kwarcab, Binwil, bahkan di tingkat propinsi.

Sugiono Camat Sukolilo, dalam sambutannya pada penutupan acara mengatakan kepada “kabar desaku, kegiatan pesta siaga ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Namun bukan rutinnya, tapi sangat membanggakan yang mendasari melandasi untuk anak- anak sebagai gerakan pramuka tingkat siaga atau tingkat bawah. Mereka mulai tumbuh dengan keceriaan bermain belajar dengan teknik-teknik yang sudah menasional. Artinya begitu juara tingkat ranting, mereka bisa dikirim ditingkat cabang dan selanjutnya.

Harapanya, anak-anak sekolah di Kec sukolilo pada umumnya bisa terima dan semangat belajar, akhirnya anak-anak bisa melanjutkan sekolah setinggi tingginya,”imbuh camat.

Sebagai puncak acara, Suyatmin jabatan Dinas Kepala sekolah SDN Kuwawur yang di tunjuk menjadi ketua panitia pelaksana mengatakan, kegiatan pesta siaga di Kwaran Sukolilo kami sangat berbangga hati karena dapat melaksanakan kegiatan materi per materi bidang per bidang sudah dilaksanakan oleh semua anak-anak.

Mudah-mudahan kedepanya untuk kwarcab Kecamatan Sukolilo bisa mendapakan juara dan bisa maju ke tingkat Binwil yang akan bertempat di Kabupaten Rembang tanggal 18/2/2017 sampai ke tingkat Kwarda. Dan Kami juga mengucapkan selamat atas juara I SDN Galiran yang merupakan juara tergiat I PA/PI nanti untuk maju ke tingkat Kwarcab Pati. ($.diman)

Published by

Categorised in:

1 Comment for Pesta Siaga Siswa SD – MI Kwartir Ranting Se- Kecamatan Sukolilo Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *