Wednesday, 26-06-2019 12:20:59 am
Home » Pendidikan » Peringati Hari Kesaktian Pancasila Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Selenggarakan Kemah Kebangsaan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Selenggarakan Kemah Kebangsaan

(216 Views) October 2, 2018 3:48 am | Published by | No comment
1

Suarapatinews. Pati – Sebuah proses sejarah panjang bangsa Indonesia dalam mecapai kemerdekaan yang hakiki menjadi simbol akan perjuangan rakyat Inndonesia dalam setiap momen yang ada, peristiwa berdarah sejarah kelam yang ingin menggantikan idiologi Pancasila, namun dengan tekad yang kuat Bangsa ini mampu memberikan bukti yang nyata bahwa Pancasila lahir dari hati nurani rakyat Indonesia.

Momentum kebangsaan lahirnya Pancasila sakti dalam kegiatan kemah bersama.

Sebagai peringatan lahirnya Hari Kesaktian Pancasila, Dinas Pendidikan Kabupaten Pati sebagai dinamisator menyelenggarakan Kemah Kebangsaan di Markas Komando Batalyon 410 Alugoro.



Bahwa Pancasila merupakan pedoman kehidupan akan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalam sendi sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Pembangunan karakter merupakan persoalan bangsa yang sangat mendasar.

Setiap bangsa menyadari pentingnya pembangunan karakter (character building) dalam rangka memelihara dan mempertahankan eksistensi sebagai suatu negara bangsa (nation-state).

Mengingat proses pembangunan karakter memerlukan waktu yang panjang dan berlangsung sepanjang hayat, maka bidang pendidikan merupakan wahana yang efektif dan strategis untuk melakukan pembangunan karakter.

Dalam memupuk cinta tanah air dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten pati menyelenggarakan kemah kebangsaan yang dilaksanakan hari senin dan selasa tanggal 1 dan 2 Nopember 2018.

Perkemahan diselenggarakan di markas Batalyon 410 Alugoro dengan melibatkan ratusan peserta dari kwarcab Pramuka di kabupaten Pati.

Menurut Ponco Sugiyono selaku kasi peserta didik SMP kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang melibatkan dilegasi sebanyak 4 peserta dan 1 pendanping di setiap SMP yang ada di kabupaten Pati.

Bimbingan kepanduan tentang nilai nilai luhur yang terkandung dalam falsafah Pancasila.

Adapun jenis kegiatan yang dilombakan dalam perkemahan ini masih menurut Ponco Sugianto meliputi PBB, vocal grup, dongeng tentang para pahlawan, dan LCC. (Fajar)

1

Published by

Categorised in:

No comment for Peringati Hari Kesaktian Pancasila Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Selenggarakan Kemah Kebangsaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *