Tuesday, 25-06-2019 11:49:22 pm
Home » Kabar Desa » Mushahadah di Makam Mbah Sunan Kuning di Dukuh Randangan Desa Semirejo

Mushahadah di Makam Mbah Sunan Kuning di Dukuh Randangan Desa Semirejo

(204 Views) March 7, 2019 4:36 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Semirejo bersholawat dalam rangka musahadah setiap malam Jum’at Paing yang dihadiri seluruh masyarakat desa Semirejo Gembong di makam ki Ronggo Joyo Kusumo di dukuh Randangan tepat pada pukul 18.30 WIB hingga selesai.

Ratusan masyarakat desa Semirejo hadir dalam doa bersama & sholawatan.

Doa bersama dengan Romo Kyai H. Abdul Mursyid dari Sitiluhur Gembong yang diiringi rebana Anur pimpinan bpk Cipto sudah berjalan selama ini hampir 20 kali pertemuan, Kamis tgl (07/03/19).



Musahadah yang selalu ramai dihadiri oleh masyarakat setempat juga datang dari desa tetangga menjadi tradisi yang menarik warga Semirejo sebagai sentuhan rohani dengan doa keselamatan untuk seluruh desa agar selalu diberikan kelancaran rejeki, kesehatan dan kesejahteraan.

Hal mana disampaikan oleh Kades Semirejo Triyono bahwa pertemuan yang kesekian kalinya ini menjadi momentum kebersamaan seluruh warga dan masyarakat agar selalu diberikan Ridho dari Allah SWT baik kenikmatan sekarang ini adalah syukur nikmat dari Allah semata mata, manusia hanya bisa berdoa dan ikhtiar atau berusaha.

Senada disampaikan oleh Romo Kyai H. Abdul Mursyid bahwa pada tanggal 1 Rajab adalah sesuatu hal yang luar biasa atau termasuk bulan yang istimewa karena pada tanggal 1 sampai tanggal 10 akan dihapuskan kejelekan dan akan diganti kebaikan ( Mujahadah Rotibul Hadat dan Surat Yasin) malam Jumat Paing, jika puasa tiga hari di bulan Dxul_Qo’dah, Dzul_Hijah, Muharram dan Rajab puasa hari Kamis, Jum’at dan Sabtu akan ditulis baginya ibadah 2 tahun dan amalan ini jika puasa dilakukan.

Mas Rudi sebagai tokoh masyarakat bahwa kegiatan ini nguri – uri keluhuran leluhur atau kearifan lokal sebagai generasi muda agar tidak hilang begitu saja tradisi ini, dan setiap Mujadahan di Makam mbah Sunan Kuning banyak dermawan yang memberikan donatur hingga sekarang ini terbangun pendopo makam yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah. ($.ucipto)

Published by

Categorised in:

No comment for Mushahadah di Makam Mbah Sunan Kuning di Dukuh Randangan Desa Semirejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *