Monday, 26-08-2019 05:09:25 am
Home » Daerah » Uncategorized » Kemasan Daging Qurban SMK Farming (No Plastic, Zero Waste)

Kemasan Daging Qurban SMK Farming (No Plastic, Zero Waste)

(223 Views) August 11, 2019 2:43 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Ada yang lain dari proses pembungkusan daging Qurban di SMK Farming Pati pada rangkaian acara Idul Adha 1440 H yang bertepatan dengan hari minggu, 11 Agustus 2019.

 



Sisi lain dari makna berkorban adalah menjaga lingkungan agar tetap layak sebagai tempat hunian manusia. Permasalahan sampah yang kian hari kian pelik menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi bersama.

 

Tren penggunaan alat bungkus berupa plastik memiliki beberapa konsekwensi buruk, diantaranya pencemaran lingkungan yang terjadi dimana-mana. Pasalnya plastik merupakan bahan yang sangat susah terurai bahkan memerlukan waktu ratusan tahun agar dapat terurai sehingga akan mencemari lingkungan.

 

Sebagai lembaga pendidikan yang menanamkan cinta lingkungan, SMK Farming Pati melalui kegiatan qurban tahun ini memberikan contoh kepada warga sekolah serta masyarakat luas tentang cinta lingkungan dalam bentuk membungkus daging qurban menggunalan daun jati dan besek (wadah dari anyaman bambu).

 

Menurut salah satu guru dan panitia qurban sekolah tersebut Puguh AK, untuk mendapatkan daun jati tidak mengalami kesulitan. Hal tersebut dikarenakan di lingkungan sekolah terdapat beberapa pohon jati yang daunya dapat dimanfaatkan.

 

Namun untuk memperoleh besek, pihak sekolah harus membeli dari pengrajin yang tentu harganya lebih mahal dari pada bungkus plastik. Namun karena besek dapat digunakan berulang-ulang kali serta dampak yang positif sebagai pengganti plastik, harga yang sedikit lebih mahal tidak berarti apa-apa.

 

Penggunaan bungkus dari besek dan daun jati tersebut diharapkan dapat dicontoh oleh masyarakat luas, tidak hanya dalam hal membungkus daging qurban tapi juga dalam bentuk yang lainya.

 

Perlu adanya sosialisasi dan yang terpenting lagi adalah contoh kongkrit melalui gerakan-gerakan serta himbaun kepada masyarakat tentang bahaya menggunakan plastik serta dampak negatifnya. Selain itu juga perlu adanya solusi yang tepat agar sedikit demi sedikit masyarakat bisa menggurangi penggunaan plastik, (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Kemasan Daging Qurban SMK Farming (No Plastic, Zero Waste)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *