Wednesday, 16-10-2019 09:53:37 pm
Home » Pertanian » Karang Taruna Kabupaten Pati Siapkan Ribuan Bibit Tanaman Sebagai Wujud Cinta Lingkungan

Karang Taruna Kabupaten Pati Siapkan Ribuan Bibit Tanaman Sebagai Wujud Cinta Lingkungan

(239 Views) September 12, 2019 10:38 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Pengecekan kesiapan bibit tanaman dilakukan oleh beberapa pimpinan karang taruna kabupaten pati menjelang musim tanam 2019 pada kamis, ( 12/9).

 

Beberapa Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pati dan Tenaga Ahli Melakukan Pengecekan Kesiapan Bibit



 

Sebagai wujud rasa perduli terhadap isu pemanasan global (global warming) dan kerusakan hutan di berbagai wilayah di Indonesia, komunitas anak muda yang terhimpun dalam organisasi Karang Taruna kabupaten Pati di bawah pimpinan Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin memiliki gagasan yang positif, yaitu penanaman berbagai tanaman hutan dan buah-buahan yang berjumlah ribuan bibit dalam rangka hari sumpah pemuda dan HUT karang taruna kabupaten Pati.

 

Acara penanaman yang akan dilakukan serempak pada momen hari sumpah pemuda 28 Oktober mendatang akan melibatkan seluruh anggota Karang Taruna di setiap desa dari 21 kecamatan se-Pati.

 

Adapun sumber bibit diperoleh dengan menjalin kerja sama dengan pusat pembibitan balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung pemali jratun yang berlokasi di desa Krasak, Bangsri – Jepara.

 

Sedangkan jenis bibit yang akan ditanam ditahun ini diantaranya adalah jati, sengon, indigofera, sirsak, jambu biji, matoa, ketapang kencana, alpukat, dan cemara udang.

 

Untuk mekanisme masyarakat agar memperoleh bibit yaitu dengan cara mendftar ke pengurus Karang Taruna desa setempat tentang jenis dan jumlah tanaman yang diajukan, tentunya berdasarkan luasan lahan dan potensi tanamanya. Setelah pengajuan bibit, petugas akan mengecek lahan untuk di rekam titik koordinatnya.

 

Hasil dari pendataan di desa akan disampaikan ke karang taruna tingkat kecamatan dan dilanjutkan ke tingkat kabupaten untuk ditindak lanjuti.

 

Setelah semua data pengajuan bibit terkumpul, Karang Taruna kabupaten akan mendatangkan bibit dari balai pembibitan di jepara. Dikarenakan musim hujan diperkirakan akan turun pada akhir oktober, maka pendistribusian bibit ke petani akan dilakukan pada akhir oktober juga.

 

Menurut salah satu pengurus karang taruna kabupaten Pati Imam Rifai selaku kabid LH Krang Taruna kabupaten Pati. Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang harus dikawal keberhasilanya yaitu dengan indikator bibit tersalurkan kepada yang berhak menerima dan mau merawat. Untuk itu pihaknya berpesan kepada calon penerima bibit agar tidak hanya menanam tetapi juga mau merawatnya. Sedangkan hal yang tidak boleh dilakukan adalah menjual bibit tersebut.

 

Masih menurut Imam Rifai, program penanaman serempak se-Pati kali ini merupakan kali pertama dilakukan bersama Karang Taruna. Tentunya apabila dinilai berhasil, untuk musim tanam berikutnya, pihaknya akan menambah jumlah bibit dan mekanisme yang lebih baik. Misalnya bekerja sama dengan pemerintah desa dalam pembuatan hutan desa ataupun konsep lainya, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Karang Taruna Kabupaten Pati Siapkan Ribuan Bibit Tanaman Sebagai Wujud Cinta Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *