Wednesday, 16-10-2019 10:20:34 pm
Home » Pertanian » Pembuatan Seeding House Untuk Pusat Transit Bibit (PTB) Karta Pati

Pembuatan Seeding House Untuk Pusat Transit Bibit (PTB) Karta Pati

(65 Views) September 13, 2019 12:49 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Pembuatan rumah bibit berupa bedeng tengah dipersiapkan oleh seorang tukang kayu yang ditugaskan oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Pati pada Jum’at (13/9) dalam mempersiapkan kedatangan bibit hibah siap tanam dari Jepara untuk ditanam serempak pada tanggal 28 Oktober mendatang, bertepatan dangan hari Sumpah Pemuda dan HUT Karang Taruna.

 

Pembuatan Pusat Transit Bibit (PTB) yang Baru Mencapai 30%



 

Kendati musim tanam diperkirakan akan dimulai akhir Oktober. Namun demi memperoleh bibit yang berkualitas, Karang Taruna Pati mempunyai inisiatif untuk mendatangkan bibit jauh-jauh hari sebelum didistribusikan kepada petani dengan cara melakukan karantina dan perawatan terlebih dahulu.

 

Pembuatan rumah bibit atau sering disebut Seeding House yang dimiliki Karang Taruna kabupaten Pati dipusatkan di desa Margomulyo, Juwana – Pati.

 

Untuk dapat menampung jumlah bibit yang telah diajukan dari Pusat Pembibitan di Jepara sekitar 10.000 batang, memerlukan 3 bedeng yang masing-masing bedengnya berukuran 4 x 30 meter.

 

Adapun bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan Seeding House yaitu kerangka kayu, sedangkan atapnya berupa paranet 80% berfungsi untuk mengurangi intensitas sinar matahari (simat) mengenai bibit. Sedangkan alas bedeng tersebut akan dilapisi pasir untuk meminimalkan pertumbuhan akar ke tanah, sehingga akan memudahkan pengambilan bibit tersebut.

 

Adanya pusat transit bibit tersebut diharapkan bibit yang akan diterima petani benar-benar berkualitas dan seragam baik dari ukuran maupun kesuburanya, karena di tempat transit akan dilakukan perawatan berupa penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian HPT ( Hama Pengganggu Tanaman).

 

Menurut petugas pembuat bedeng yang enggan disebut namanya. Pembuatan ketiga bedeng tersebut diperkirakan akan selesai di akhir September dikarenakan bagian yang paling rumit adalah pembuatan sekat alas bedeng berupa bambu yang memerlukan ketelitian dan alas harus rata, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Pembuatan Seeding House Untuk Pusat Transit Bibit (PTB) Karta Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *