Friday, 22-11-2019 08:58:19 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Bersihkan Sampah Sungai Silugonggo desa Wanarejo, Karta Wonorejo Libatkan Lintas Komunitas

Bersihkan Sampah Sungai Silugonggo desa Wanarejo, Karta Wonorejo Libatkan Lintas Komunitas

(336 Views) September 29, 2019 12:48 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Aksi pungut sampah an organik di sepanjang sungai silugonggo yang berada di wiayah desa Wonorejo, Tlogowungu – Pati pada Minggu pagi (29/9) terlaksana dengan baik atas inisiator Karang Taruna desa tersebut dengan dukungan penuh dari komunitas WCD (World Cleaningup Day) Pati.

 



 

Turut hadir dalam acara sosial tersebut karang taruna kabupaten, camat Tlogowungu, anggota posek setempat, kepala desa dan perangkat, ibu-ibu PKK,  warga desa, serta komunitas lain turut hadir diantaranya SMK Farming Pati, anggota pramuka pangkalan Mazroa’atul Ulum Suwaduk, Palupi, Kere Hore Piknik dan Oi.

 

Aksi yang dimulai pukul 07:00 wib dan berakhir pada 10:00 wib tersebut berhasil mengumpulkan sampah an organik jenis plastik kurang lebih 30 karung.

 

Menurut camat Tlogowungu yang turut aktif memungut sampah Drs. Jabir, MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada karang taruna desa Wonorejo dan komunitas yang lain karena telah ikut kerja bakti membersihkan sampah di aliran sungai desa Wonorejo.

 

Sesuai instruksi Bupati Pati, masih menurut Jabir, bahwa di setiap wilayah harus tanggap terhadap kebersihan lingkungan masing-masing sehingga kegiatan seperti ini dapat dicontoh warga dari desa lain sehingga kebersiham sungai akan tetap terjaga dan drainase akan lancar ketika musim hujan nanti.

 

Sedangkan menurut kepala desa Wonorejo Suyikno, SE permasalahan sampah di desanya memang menjadi pekerjaan rumah bersama hal tersebut karena kurangnya kesadaran warganya untuk bijak mengelola sampah.

 

Kecerendungan warga membuang sampah di sungai masih menurut Suyikno disebabkan sebagian besar warga tidak memiliki tempat pembuangan.

 

Berbagai upaya telah dilakukan kepala desa tersebut, diantaranya adalah pihaknya telah menghubungi DPUTR kabupaten Pati kaitanya agar dibuatkan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), namun usahanya tersebut gagal dikarenakan permasalahan pengelola sampah yang tidak ada.

 

Selain hal di atas kepala desa Wonorejo juga telah mengajukan bak pembuangan sampah ke DPUTR Pati agar warganya yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah dapat membuang sampahnya di bak tersebut, namun al hasil sampai sekarang belum mendapatkan respon yang positif dari dinas tersebut.

 

Namun ada satu usaha yang cukup berhasil menurut Suyikno, yaitu pihaknya telah bekerjasama dengan pihak BMT Fastabiq dalam hal pengeloaan sampah yang sampai saat ini telah dilaksanakan beberapa RT di desanya. Namun masih ada sebagian RT yang belum bekerjasama dengan BMT tersebut, sehingga masih ada warga yang membuang sampah di sungai, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Bersihkan Sampah Sungai Silugonggo desa Wanarejo, Karta Wonorejo Libatkan Lintas Komunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *