Wednesday, 16-10-2019 09:34:44 pm
Home » Pertanian » Program Sedekah Bibit Buah Bersama Komunitas “Semut Ijo”

Program Sedekah Bibit Buah Bersama Komunitas “Semut Ijo”

(155 Views) October 3, 2019 12:00 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Sedekah berupa bibit tanaman buah unggulan menjadi program prioritas komunitas pecinta lingkungan yang tergabung dalam organisasi “Semut Ijo” yang akan dilaksanakan di Desa Bageng dan Jrahi awal bulan depan.

 

Program Sedekah Bibit Bersama “Semut Ijo”



Salah satu penyebab bencana kekeringan khususnya di beberapa wilayah di kabupaten Pati akhir-akhir ini adalah semakin berkurangnya jumlah pepohonan yang tersedia di sekitar kita. Hal tersebut terjadi karena pohon merupakan obyek penyimpan air ketika hujan yang dapat digunakan ketika musim kemarau tiba.

 

Meskipun sudah banyak gerakan tanam yang dilakukan oleh berbagai komunitas, namun banyak pula oknum-oknum yang membabat tanaman tersebut dengan dalih kebutuhan ekonomi yang mendesak.

 

Penyebab lain dari kurang suksesnya penanaman oleh beberapa kelompok masyarakat antara lain, tidak adanya proses tindak lanjut misalnya dalam perawatan yang meliputi pemupukan, pengairan, dan pengendalian HPT (Hama Pengganggu Tanaman), terlebih lagi belum adanya pendampingan hingga pemanenan dan pengolahan hasil.

 

Melalui program sedekah bibit, komunitas “Semut Ijo” mengajak masyarakat untuk memberikan bibit buah yang berkualitas untuk ditanam oleh petani sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

 

Penanaman bibit buah berkualitas, diharapkan para petani dapat memperoleh hasil ekonomi dari buah tersebut, sehingga pohon yang ditanam akan tetap utuh dan berkembang yang dapat digunakan sebagai fungsi pokonya yaitu sebagai penghasil oksigen dan menyimpan air tanah.

 

Pada musim tanam 2019/2020 komunitas “Semut Ijo” akan memusatkan daerah penanaman di dua desa yaitu desa Bageng, Gembong-Pati akan ditanami bibit jeruk pamelo madu, sedangkan desa Jrahi, Gunungwungkal-Pati akan ditanami bibit buah jambu madu deli.

 

Pemilihan lokasi dan jenis tanaman tersebut didasarkan pada potensi masing-masing desa. Jeruk pamelo madu merupaan buah unggulan yang memiliki nilai jual tinggi yang biasa di budidayakan oleh masyarakat desa Bageng sedangkan jambu madu deli juga merupakan jenis buah yang terbilang mahal dan sudah ada beberapa warga desa Jrahi yang berhasil membudidayakanya.

 

Selain mendapatkan bibit geratis, petani yang menjadi participant program ini akan memdapatkan bimbingan teknis dari tim “Semut Ijo” mulai dari pra tanam, penanaman, perawatan, pemanenan, hingga pemasaran.

 

Sedangkan bagi para donatur cukup dengan mendonasikan dananya sebesar Rp. 25.000,- untuk 1 bibit yang akan disalurkan ke participant yang telah ditunjuk oleh “Semut Ijo”.

 

Adapun hak dari donatur adalah, mereka akan mendapatkan sertifikat penghargaan yang di dalamnya berisi nama donatur, telah menyumbang bibit tanaman di lokasi yang telah di tunjuk, serta titik koordinat lahan. Sehingga setiap saat para donatur dapat mengecek kondisi tanaman yang telah di sedekahkan, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Program Sedekah Bibit Buah Bersama Komunitas “Semut Ijo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *