Sunday, 15-12-2019 01:18:50 pm
Home » Pertanian » Komunitas “Semut Ijo” Mengajak Kaum Muda Peduli Lingkungan

Komunitas “Semut Ijo” Mengajak Kaum Muda Peduli Lingkungan

(98 Views) November 16, 2019 11:04 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Dengan melibatkan siwa SMK Farming Pati program “Sedekah Bibit” yang dicanangkan oleh komunitas “Semut Ijo” mulai ditanam di desa Jrahi, Kecamantan Gunungwungkal- Pati pada Sabtu, (16/11).

Penanaman Bibit Jambu Madu Deli oleh Komunitas Semut Ijo

 



Berawal dari kepedulian terhadap kerusakan hutan dan untuk mendongkrak minat petani dalam bercocok tanam, khususnya tanaman keras, komunitas anak muda yang bergerak dalam kepedulian lingkungan “Semut Ijo” mengadakan program sedekah bibit.

 

Program yang diluncurkan sejak tanggal 1 September  2019 lalu berhasil mengumpulakan bibit tanaman buah berupa jambu air jenis madu deli dan mangga jenis mahatir sebanyak 100 pohon dari donataur yang merasa peduli terhadap lingkungan.

 

Penyaluran bibit diberikan kepada beberapa petani di daerah pegununga sesuai kebutuhan, yang bertujuan untuk menjaga ekosistem, produksi oksigen, serta dapat menyimpan air tanah yang akhir-akhir ini menjadi isu krusial tentang langkanya air bersih ketika musim kemarau tiba.

 

Ikhwal pelaksanaan penanaman, komunitas tersebut menggandeng berbagai pihak. Salah satu yang aktif terlibat dalam kegiatan sosial tersebut adalah SMK Farming Pati dengan melibatkan peserta didiknya dalam kegiatan penanaman.

 

Salah satu siswi sekolah tersebut Kholifah kelas X mengungkapkan rasa bangga atas dilibatkan dirinya dalam kegiatan tersebut.

 

Menurutnya dengan mengikuti kegiatan penanaman yang dilaksanakan “Semut Ijo” pihaknya mendapatkan pengalaman baru dalam hal penanaman dan dapat berinteraksi langsung dengan petani binaan komunitas tersebut.

 

Sedangkan menurut ketua komunitas Andik Aristiawan, SP berharap lebih banyak lagi donatur yang bersedia bergabung, sehingga diharapkan kebutuhan petani akan bibit dapat tercukupi dan hutan rakyat akan semakin terjaga kelestarianya (Team SPnews).

Published by

Categorised in:

No comment for Komunitas “Semut Ijo” Mengajak Kaum Muda Peduli Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *