Tuesday, 29-09-2020 12:58:47 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Pasar Implek 2020 Kesenian Barongsai yang Banyak Dinikmati Warga Pati

Pasar Implek 2020 Kesenian Barongsai yang Banyak Dinikmati Warga Pati

(347 Views) January 18, 2020 12:32 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Pertunjukan kesenian tradisional Barongsai dalam mengisi acara pembukaan pasar Implek 2571/2020 di halaman klenteng Hok Tik Bio Pati pada hari Jum’at, (17/1).

Dengan menggunakan alat musik sederhana, namun dengan memadukan trik dan gerakan serta kostum yang menarik, kesenian yang satu ini cukup unik untuk dijadikan tontonan. Hal tersebut dikarenakan Barongsai hanya dijumpai di tempat umum beberapa kali dalam setahun, misalnya dalam perayaan tahun baru Cina (Implek) yang sebentar lagi akan dirayakan.



 

Walaupun sebagain orang masih menganggap bahwa kesenian Barongsai merupakan milik etnis Tionghoa saja, namun menurut salah satu atlit Adrian Avita Kuriawan yang tergabung dalam grup Barongsai Satya Wadya menyampaikan bahwa kesenian ini sudah masuk dalam cabang olehraga yang pernah dilombakan baik di dalam Negeri ataupun di luar Negeri. Untuk itu siapapun yang mau bergabung dalam grup ini dipersilahkan baik laki-laki maulun perempuan asalkan mau mengikuti peraturan yang ada.

 

Ditanya soal tempat dan waktu latihan masih menurut Adrian AK, untuk lokasi latihan berada di halaman Klenteng Hok Tik Bio Pati, sedangkan waktunya dalam satu minggu dua hari yaitu hari Senin dan Kamis pukul 18:00 WIB. Untuk anggota sendiri sampai saat ini sudah ada 12 orang yang aktif dengan kisaran umur 8 hingga 19 tahun.

 

Adapun prestasi yang pernah diraih grup Barongsai Satya Wadya Pati adalah masuk dalam 10 besar terbaim tingkat Jawa Tengah, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Pasar Implek 2020 Kesenian Barongsai yang Banyak Dinikmati Warga Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *