Sunday, 29-03-2020 03:02:41 am
Home » Daerah » Uncategorized » Waspadai Penyakit Viral dan Bakterial pada Unggas di Musim Hujan

Waspadai Penyakit Viral dan Bakterial pada Unggas di Musim Hujan

(65 Views) February 20, 2020 1:51 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa hari ini di kabupaten Pati, menuntut para peternak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ternak peliharaan khususnya unggas.

Kelembaban di beberapa wilayah hingga mencapai lebih dari 90% lebih dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit baik yang disebabkan oleh virus seperti ND dan IBD maupun yang berasal dari bakteri seperti CRD, Coriza, Coli dan lain sebagainya.



 

Seperti yang terjadi pada hari Kamis, 22 Februari 2020, hampir selama 24 jam hujan turun tanpa henti yang menyebabkan suhu rendah dan kelembaban tinggi baik di luar maupun dalam kandang.

 

Menurut pengamatan salah seorang peternak broiler Sujoko (34) desa Jambean Kidul, Margorejo dari dampak cuaca ekstrim tersebut secara langsung adalah berkurangnya nafsu makan uanggas yang dipeliharahya dan menghambat aktivitas unggas tersebut.

 

Jika terus dibiarkan keaadaan tersebut dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang tidak diinginkan yang diakibatkan menurunya daya tahan tubuh unggas dan ujung-ujungnya akan merugikan peternak.

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap menpertahankan kenyamanan unggas peliharaan dalam kondisi cuaca ekstrim seperti ini diantaranya mengatur sirkulasi udara sesuai kebutuhan ternak, mengkondisikan alas kandang agar terjaga kekeringanya, dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan melalui peningkatan bioscurity dan sanitasi untuk mencegah masuknya bibit penyakit, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Waspadai Penyakit Viral dan Bakterial pada Unggas di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *