Tuesday, 04-08-2020 01:31:26 pm
Home » Daerah » Pemkab Pati Gelar Pengambilan Sumpah Janji PNS Secara Virtual

Pemkab Pati Gelar Pengambilan Sumpah Janji PNS Secara Virtual

(44 Views) July 7, 2020 4:07 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Lantaran pandemi Covid-19 belum usai, Pemerintah Kabupaten Pati, hari ini menggelar Pengambilan Sumpah Janji PNS secara virtual.

Pengambilan Sumpah Janji PNS di Lingkungan Pemkab Pati Dilakukan Secara Virtual

Upacara penyerahan Surat Keputusan (SK) tersebut selain di Pendopo juga dilakukan di 19 titik lain di Kabupaten Pati. Beberapa kecamatan bahkan ada yang pelaksanaannya digabung.



534 PNS yang menerima SK tersebut adalah CPNS yang telah mengikuti seleksi penerimaan pada tahun 2018, 2019 dan 2020.

“Upacaranya diadakan secara virtual karena tidak mungkin kita mengadakan seremoni besar secara bersama – sama di masa pandemi seperti saat ini”, ujar Bupati mengawali sambutannya.

Kemudian Haryanto pun berpesan kepada para penerima SK PNS, bahwasanya hari ini merupakan tonggak sejarah karena mereka telah melewati masa uji dari CPNS menjadi PNS.

“Ini bukan merupakan hal yang mudah sebab harus bersaing dengan puluhan ribu orang yang menginginkan menjadi PNS. Selain itu Anda semua juga telah melalui masa uji selama 1 sampai 1,5 tahun untuk dapat diangkat menjadi PNS”, imbuhnya.

Namun demikian, Bupati mengakui bahwa meski hari ini dilakukan pengambilan sumpah, sebenarnya belum dapat untuk memenuhi kebutuhan atas kekurangan PNS di Kabupaten Pati. “Sebab sejak tahun 2011 sampai sekarang telah banyak yang pensiun namun rekrutmen, baru ada tahun kemarin dan tahun sebelumnya”, jelasnya.

Bupati pun menjelaskan, yang lumayan tercukupi baru dari tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan. “Tenaga pendidikan dari formasi umum dan tenaga kesehatan juga dari formasi umum dan K2”, lanjutnya.

Dengan diangkatnya para PNS baru ini, Bupati pun mengingatkan bahwa sebagai PNS, mereka tidak bisa seenaknya saja dalam bekerja karena ada aturan-aturan yang mengikat dan harus dipatuhi.

“Karena sudah menjadi PNS, otomatis akan terikat. Yaitu terikat dengan berbagai aturan yang begitu detail”, tegas Haryanto.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati, Jumani, dalam laporannya menjelaskan bahwa dari 534 CPNS yang menerima SK PNS hari ini, yang berasal dari formasi umum tahun 2018 sebanyak 456 orang, formasi khusus 50 orang dan dari STTD 5 orang. Namun dari jumlah formasi umum tersebut, 1 orang dinyatakan mengundurkan diri dan 2 orang telah meninggal dunia.

“Sedangkan penerimaan CPNS tahun 2019 untuk formasi bidan ada sebanyak 26 orang. Sehingga pada hari ini yang mendapat SK ada sebanyak 534 orang”, jelasnya.

Adapun rincian 534 orang tersebut, menurut Jumani, terdiri dari tenaga kesehatan 103 orang, tenaga pendidikan 378 orang, dan tenaga teknis tertentu / administrasi sebanyak 53 orang. (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Pemkab Pati Gelar Pengambilan Sumpah Janji PNS Secara Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *