Thursday, 29-10-2020 01:46:42 am
Home » Seniman » Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati Tampil Dengan Busana Adat di Pagelaran Selendang Sutra Budaya Etnis

Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati Tampil Dengan Busana Adat di Pagelaran Selendang Sutra Budaya Etnis

(109 Views) September 27, 2020 3:20 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Jogjakarta – KMPP (Keluarga Mahasiwa Pelajar Pati) Yogyakarta mendapat perwakilan pentas adat di event SELENDANG SUTRA GELAR BUDAYA ETNIS yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayan Yogyakarta, Sabtu tgl (26/09/20).

KMPP tampil dengan busana adat Pati yang menawan & selalu menampilkan keanggunan. Dok/SPN/REDY

Gelar Budaya Etnis kegiatan yang diadakan setiap tahunnya, karena sebagai pengingat juga, bahwa kita semua hidup selalu bergandengan dengan budaya yang telah mengakar kuat menjadi tradisi masing-masing.



Bagaimanapun keadaannya kegiatan ini harus diadakan, apalagi bertempatan di Dearah Istimewa Yogyakarta yang katanya miniaturnya Indonesia karena hampir seluruh pelajar/mahasiswa dari sabang hingga merauke ada di jogjakarta.

Hal tersebut dikemukakan oleh Drs. Siswati sebagai seksi Adat dan Tradisi di Dinas Kebudayaan Yogyakarta “ Kegiatan tersebut bekerjasama dengan IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa) yang ada di DIY” Tandasnya.

Konsep event Selendang Sutra pada tahun 2020 berbeda dengan tahun kemarin, karena ada Covid-19.

Akan tetapi tetap berjalan dengan lancar, Drs. Siswati menambahkan “untuk event ini ada beberapa bagian, ada seni pertunjukan, kuliner dan pakaian adat.

Kalau tahun kemarin dipertunjukan disatu tempat, untuk tahun ini di asrama masing-masing, kalaupun asramanya tidak layak bisa difasilitasi di gedung dinas kebudayaan,” katanya.

Pada hari sabtu, IKPM (Ikatan keluarga Pelajar Mahasiswa) Jawa tengah mendapatkan bagian menampilkan gelar budayanya.

Bahwa ketua IKPM Jawa Tengah saudara Haikal Erlangga menguatkan “Mahasiswa Jawa Tengah yang ada di DIY mendapatkan bagian seni tari, kuliner, baju istiadat dan kerajinan,” ujarnya.

 

Kalau Pati sendiri menampilkan Baju Istiadat, karena dapat amanah kalau Pati Menampilkan Baju adatnya saja.

KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) Yogyakarta sangat senang sekali kalau seni dan budaya Pati bisa ikut andil dalam kegiatan Selendang Sutra Gelar Budaya Etnis agar mahasiswa dan pelajar Pati yang ada di Yogyakarta bisa melestarikan Budayanya sendiri, bangga menjadi “Wong Pati”.

Menambahkan dari Ketua KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) Yogyakarta saudara Muh. Zaenal Abidin mengatakan “kita sebagai Orda (organinasi daerah) kab. Pati (KMPP YOGYAKARTA) ikut serta dan mengenalkan kepada daerah dan provinsi lain terkait apa saja yang menjadi kearifan lokal baik kesenian (baju adat), kuliner, dan kerajinan khas Pati.

Bukan hanya melalui event selendang sutra saja, tapi event-event budaya yang diselenggarakan oleh mahasiswa jawa tengah yang ada di Yogjakarta.

Sebagai putra-putri daerah kita mengajak semua ORMADA kabupaten Pati lainnya tetap bangga dan berani mengenalkan budaya-budaya kabupaten pati ke kancah nasional.

Kami juga berharap acara-acara seperti ini diselenggarakan juga di kabupaten PATI supaya apa yang menjadi tradisi kesenian, adat, dan budaya kabupaten Pati tetap terlestarikan,” ucapnya.

Kegiatan Selendang Sutra Gelar Budaya Etnis yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY mempunyai tujuan tempat untuk silaturahmi dan persatuan, karena kita lahir dibumi yang beranekaragam dan selalu lestari budaya Indonesia. (Syihab)

Published by

Categorised in:

No comment for Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati Tampil Dengan Busana Adat di Pagelaran Selendang Sutra Budaya Etnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *