Wednesday, 25-11-2020 11:02:16 am
Home » Kabar Desa » Warga Desa Suwaduk Gelar Sholat Istisqa’

Warga Desa Suwaduk Gelar Sholat Istisqa’

(65 Views) October 21, 2020 3:52 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Warga desa Suwaduk kecamatan Wedarijaksa – Pati menggelar Sholat Istisqo’ (memohon turunya hujan) kepada Allah SWT pada Rabu, (21/10/2020).

Pelaksanaan Sholat Istisqo’ di Desa Suwaduk kecamatan Wedarijaksa – Pati

 



Kegiatan yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat tersebut diselenggarakan disebuah sudut desa (klantang) dengan dihadiri Kepala Desa Suwaduk, Para Perangkat Desa, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Petani, dan elemen masyarakat lainya.

 

Meskipun sudah didahului turunya hujan pada malam harinya, Sholat Istisqo’ tetap dilaksanakan dengan harapan akan mendatangkan keberkahan yang melimpah melalui hujan yang telah dan akan turun berikutnya.

 

Menurut ketua panitia KH. Ansori Latif, M.Pd, bahwasanya Sholat Istisqo’ di desanya memang sering dilakukan ketika musim kemarau datang. Kendati tahun ini merupakan kemarau basah, Sholat Istisqo’ tetap dilaksanakan dengan harapan hujan yang turun akan memberikan manfaat dan tidak membawa musibah khususnya bagi warga desa Suwaduk.

 

Meskipun rencana awal Sholat Istisqo’ akan diganti do’a bersama di balai desa karena datangnya hujan, namun dengan berbagai macam pertimbangan, pelaksanaan Sholat tersebut tetap dilaksanakan di sudut desa yang dinamakan “Klantang”, karena pada tahun-tahun sebelumnya sudah menjadi kebiasaan warga desa Suwaduk melaksaanakan di tempat rersebut, sambung KH. Ansori Latif, M.Pd.

 

Lanjut KH. Ansori Latif, M.Pd bahwasanya Sholat Istisqo’ ini sudah direncanakan satu minggu sebelumnya dengan memberikan pengumuman kepada masyarakat desa Suwaduk dan didahului dengan melaksanakan puasa sunah 3 hari sebelumnya, serta warga dianjurkan membawa sedekah berupa makanan yang akan dikonsusi bersama setelah melaksanakan Sholat tersebut.

 

Berbagai jenis makanan hasil dari shodaqoh warga terkumpul dan dikonsumsi secara bersama-sama setelah melaksanakan Sholat Istisqo’. Tidak ketinggalan “es dawet” juga hadir, yang merupakan tradisi warga desa Suwaduk pada pelaksanaan Sholat Istisqo’.

 

Bertindak selaku Imam Sholat KH. Muslihan, BA dan Khotib KH. Ahmad Husnan, LC.

 

Dalam khutbahnya KH. Ahmad Husnan, LC menghimbau kepada para jama’ah agar senantiasa bertakwa kepada Allah SWT dan mencintai Rosulullah SAW. Beliau menerangkan bahwa Sholat Istisqo’ ini merupakan Sunah Nabi yang pernah dilakukan Rosulullah SAW ketika meminta turunya hujan kepada Allah SWT.

 

Lebih lanjut KH. Ahmad Husnan, LC menerangkan bahwa ada lima hal yang menyebabkan sulitnya turun hujan yaitu masyarakat yang tidak memenuhi janjinya pada Allah SWT, orang-orang yang menerapkan peraturan tetapi melanggar peraturan Allah SWT, sedah menebarnya perzinahan tanpa rasa malu, mengurangi timbangan, serta tidak menunaikan zakat.

 

Pada penutupan khutbah KH. Ahmad Husnan, LC menyampaikan agar seluruh warga desa Suwaduk senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT serta selalu memanjatkan rasa syukur agar dijauhkan dari bala’ dan fitnah duniawi, (Andik).

Published by

Categorised in: ,

No comment for Warga Desa Suwaduk Gelar Sholat Istisqa’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *