Friday, 19-04-2024 04:23:56 am
Home » Daerah » Sukses Bina Desa Jadi Kampung Iklim, Bupati Pati Kembali Raih Penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup

Sukses Bina Desa Jadi Kampung Iklim, Bupati Pati Kembali Raih Penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup

(458 Views) October 24, 2020 6:32 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati-Bupati Pati Haryanto menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Program Kampung Iklim tahun 2020. Apresiasi ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Bertempat di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati dan Kades Langse Kecamatan Margorejo, Bupati Pati menyaksikan rangkaian acara penerimaan apresiasi tersebut. Untuk diketahui, Kabupaten Pati berada di urutan ke 6 kategori Kabupaten se – Indonesia.



Bupati Pati Haryanto mengatakan, bukan kali ini saja Kabupaten Pati menerima apresiasi maupun penghargaan. Hal ini bukanlah tiba – tiba, namun pihaknya telah berupaya menggerakkan peran serta masyarakat dalam rangka pengelolaan kampung, desa, kota guna menjalankan proklim (Program Kampung Iklim) .

“Jadi manakala kita mendapatkan penghargaan, bukan karena kita dekat dengan kementerian, pemprov maupun pemangku kepentingan yang lain. Namun karena kita benar – benar membina dan mengelola sekaligus mengedukasi kepada masyarakat agar mereka peduli terhadap lingkungan”, jelas Bupati saat diwawancarai.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, dengan semangat yang muncul karena mendapat apresiasi ini, masyarakat dan Jajaran pemerintah diharapkan untuk terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan untuk menjaga dan melestarikannya.

“Jadi penghargaan ini adalah hal yang luar biasa. Sebab dari 516 Kabupaten Kota se – Indonesia, tidak semua mendapatkan penghargaan ini. Hanya sebanyak 38 daerah yang berhasil memperoleh penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut.”, paparnya.

Adapun desa di Kabupaten Pati yang terpilih sebagai percontohan di tahun 2020 ialah Desa Langse Kecamatan Margorejo.

Tahun 2019 lalu, Pemkab Pati juga meraih penghargaan sebagai Pembina Proklim atas keberhasilan mendorong pengendalian perubahan iklim di beberapa desa.
(S.tikno)

Published by

Categorised in:

No comment for Sukses Bina Desa Jadi Kampung Iklim, Bupati Pati Kembali Raih Penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *