Sunday, 28-02-2021 10:29:33 pm
Home » Pertanian » Mahasiswi UIN Walisongo Sadarkan Pentingnya Ketahanan Pangan Melalui Penanaman Sayuran Bersama Remaja

Mahasiswi UIN Walisongo Sadarkan Pentingnya Ketahanan Pangan Melalui Penanaman Sayuran Bersama Remaja

(63 Views) November 12, 2020 5:30 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Boyolali – Mahasiswi UIN Walisongo sadarkan pentingnya ketahanan pangan melalui penanaman sayuran bersama remaja sebagai wujud ketahanan pangan nasional, Kamis tgl (12/11/20).

Ajak generasi muda untuk menekuni dunia tanaman sebagai hobi dan nilai ekonomis yang tinggi.

Mahasiswi KKN UIN Walisongo ajak remaja untuk penanaman sayuran di desa Jaragan, RT 02 RW 01, Wonosegoro, Boyolali, selain sebagai hobi tentu juga menghasilkan nilai ekonomis tersendiri.



Penanaman sayuran ini dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang tersedia.

Ketahanan pangan sendiri merupakan komponen penting yang harus dijaga dalam suatu negara, oleh karena itu Mahasiswi KKN ajak remaja untuk berpartisipasi dalam menjaga kestabilan ketahanan pangan dimulai dari diri sendiri yaitu menanam sayuran di rumah sendiri.

“Menanam Sayuran di rumah sendiri bisa menghemat pengeluaran belanja dan bisa membuat pekarangan lebih bermanfaat”. ujar astuti salah satu remaja yang mengikuti penanaman sayuran.

Adapun sayuran- sayuran yang ditanam diantaranya adalah: sawi, terong, kangkung, tomat, kacang panjang dan cabe.

Cara menanam sayuran ini juga cukup mudah sehingga bisa diikuti oleh warga lain, bahan yang digunakan pun tersedia disekitar rumah yaitu cukup menyediakan polybag, tanah liat, pupuk kandang, dan bibit tanaman.

Untuk perawatan sayuran tersebut relatif mudah yaitu cukup menyiram 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Sayuran ini dipanen dalam waktu sekitar kurang lebih tiga bulan.

Dengan menanam sayuran di rumah sendiri, kualitas sayurannya juga lebih bagus untuk kesehatan, karena menggunakan pupuk organik berupa kotoran sapi sehingga terbebas dari bahan-bahan kimia, selain itu juga lebih ramah lingkungan.

“Acara penanaman sayuran ini sangatlah bagus dan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran warga terutama remaja agar termotivasi untuk menanam sayuran sendiri dirumah, selain kita mendapatkan manfaat sayuran tersebut, kita juga berpartisipasi dalam menjaga ketahanan pangan negara” kata Aska, mahasiswi KKN UIN Walisongo Semarang. (Azka)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswi UIN Walisongo Sadarkan Pentingnya Ketahanan Pangan Melalui Penanaman Sayuran Bersama Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *