Wednesday, 25-11-2020 10:37:53 am
Home » Daerah » Uncategorized » Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat di Masyarakat

Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat di Masyarakat

(87 Views) November 18, 2020 3:30 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Mewabahnya Covid-19 ternyata meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat. Menurut survei Alvara Research, konsumsi kebutuhan kesehatan meningkat selama Covid-19. Hand sanitizer dan produk sanitasi menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat dengan peningkatan sebanyak 64,20 persen. Sementara konsumsi multivitamin meningkat hingga 51,60 persen.


Tak hanya itu, berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang digemari masyarakat selama berada di rumah. Sebanyak 47,60 persen masyarakat melakukan olahraga ketika di rumah. Adapun tren berolahraga turut berubah akibat pandemi. Berdasarkan riset pengguna aplikasi Garmin, langkah harian dan berenang menurun selama Covid-19. Sedangkan olahraga terukur dan bersepeda outdoor mengalami peningkatan. Berdasarkan survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) penggunaan sepeda di masa Pandemi covid-19 meningkat hingga 10 kali lipat atau meningkat 1.000 persen saat PSBB diterapkan di Jakarta, dibandingkan dengan pada Oktober 2019 tahun lalu. Bahkan, bersepeda kini tengah menjadi tren baru di masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.
Menjaga tubuh agar selalu sehat di masa Pandemi memang sangat penting. Dengan menerapkan Pola hidup sehat yang sederhana, tubuh akan selalu fit, dapat meningkatkan imunitas tubuh serta bisa mencegah virus covid-19 menginfeksi tubuh kita, yang mengintai di mana pun dan kapan pun kita berada dimasa Pandemi seperti sekarang.
Masa Pandemi covid-19 benar-benar mengubah kebiasaan masyarakat yang dari semula acuh tak acuh terhadap pola hidup sehat menjadi sangat rajin menerapkan pola hidup yang sehat.
Ada beberapa kemungkinan penyebab meningkatnya kesadaran hidup sehat masayakat di masa Pandemi sekarang ini, yang pertama adalah dimulainya kesadaran pola pikir Masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan terutama di masa Pandemi sekarang, yang kedua adalah masyarakat mulai mengikuti anjuran para pakar kesehatan yang menyarankan Masyarakat untuk berpola hidup sehat di masa Pandemi guna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang selanjutnya untuk mencegah penularan covid-19 semakin menyebar.
Sejatinya penerapan pola hidup sehat itu dilakukan kapanpun dan dimanapun, tidak semata-mata karena hanya adanya Pandemi Covid-19 semata, karena dengan menjaga Pola hidup sehat bisa mencegah kita terkena penyakit-penyakit menular selain covid-19 yang tidak bisa kita prediksi. Dan masa Pandemi covid-19 sekarang ini diharapkan menjadi momentum awal kesadaran hidup masyarakat akan pentingnya menjaga dan menerapkan pola hidup sehat sekarang dan seterusnya. (Kelompok 1 KKN MDR Dahsyat IPMAFA_)

Published by

Categorised in:

No comment for Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat di Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *