Wednesday, 25-11-2020 10:54:50 am
Home » Pendidikan » Mengedukasi Anak tentang Virus Corona-19 Melalui Mendongeng atau Bercerita

Mengedukasi Anak tentang Virus Corona-19 Melalui Mendongeng atau Bercerita

(42 Views) November 21, 2020 4:13 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Corona virus adalah salah satu virus yang bisa menginfeksi system pernafasan. Virus ini menyebabkan gejala penyakit mulai yang ringan sampai kritis.

Penulis : Sri Muryati (Peserta KKN MDR 2020 IPMAFA PATI, Kelompok KKN AKHTARA).

Pada kasus-kasus yang terjadi, virus ini hanya mengakibatkan infeksi pernafasan ringan, seperti flu biasa.



Namun virus ini juga bisa mengakibatkan infeksi pernafasan akut, seperti gangguan infeksi paru-paru.

Di Indonesia, sekarang ini masih melawan virus corona, begitu juga di belahan negara-negara lain.

Kasus virus corona jumlahnya terus bertambah dengan melaporkan peningkatan kesembuhan, tapi tidak sedikit juga yang meninggal.

Usaha yang maksimal oleh berbagai kalangan terus digalakkan demi menghambat penularan virus ini.

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu wadah formal dalam upaya pengajaran yang ditujukan kepada anak untuk membantu perkembangan fisik dan motorik agar anak memiliki kesiapan dalam menapaki pendidikan yang lebih tinggi.

Memberi pemahaman kepada anak mengenai virus corona pada anak bisa jadi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan cara yang mudah dimengerti agar pesan dapat tersampaikan, karena karakter anak beda-beda.

Tidak semua anak mudah dikasih tahu, kadang ada yang nurut, banyak juga yang bandel.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyebaran virus corona sangat cepat menular apalagi terhadap anak-anak kecil, oleh karena itu sangat penting mengedukasi dan memberi pemahaman kepada anak-anak kita tentang virus corona melalui mendongeng atau bercerita, dengan langkah itu anak lebih mudah menelaah dan memahami apa itu bahaya virus corona.

Edukasi sendiri adalah proses pembelajaran yang dilakukan baik secara formal maupun non formal kepada seseorang atau lebih dari satu orang baik secara berkelompok ataupun secara individu.

Edukasi ini juga bermaksud untuk mengembangkan potensi diri pada anak, edukasi pada anak dapat dilakukan dengan cara-cara yang mudah contohnya seperti mendongeng / bercerita.

Kegiatan mendongeng harus dilakukan dengan berdasar pada konsep mendongeng yang kreatif, cerdas, dan belajar yang menyenangkan.

Pentingnya mengedukasi anak-anak agar mengetahui apa itu virus corona dan bagaimana cara melawan virus corona dengan cara menerapkan protokol kesehatan dan rutin melakukan pola hidup bersih dan sehat dengan langkah yang tepat.

Salah satunya dengan cara selalu mencuci tangan setiap selesai beraktivitas, selalu jaga jarak dengan orang lain, memakai masker, memberikan pengetahuan lainnya tentang virus corona, dan menjaga makanan seperti makan sayur dan buah-buahan.

Dengan edukasi tentang virus corona yang dilakukan melalui mendongeng/bercerita, anak-anak akan tambah semangat dan antusias sekali atau bisa juga agar anak bisa lebih focus dengan apa yang kita jelaskan tentang virus corona, kita bisa menggunakan alat-alat peraga yang menarik perhatian anak-anak.

Di tengah-tengah edukasi bisa diselipkan nyanyian-nyanyian atau permainan biar anak tambah semangat dan lebih focus dalam belajar.

Pengajaran dengan cara mendongeng atau bercerita seperti ini seyogyanya selalu dilaksanakan secara bersama-sama sehingga anak-anak dapat menelaah dan memahami apa itu virus corona, bagaimana upaya pencegahan virus corona, dan betapa pentingnya mencuci tangan dengan sabun setiap selesai beraktivitas, dan di dalam rumah, selalu jaga jarak dengan orang lain, selalu memakai masker, dan menjaga makanan sehari-hari seperti makan sayur dan buah dan pengetahuan penting dari virus corona.

Pesan untuk para orang tua atau adik kakak yang dirumah jangan lupa menerapkan pengajaran anak kita dengan cara yang menarik ya, seperti mendongeng atau bercerita agar anak mudah menangkap informasi, dan dengan mendongeng atau bercerita bisa mencegah anak kecandungan gadget. (Sri Muryati)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengedukasi Anak tentang Virus Corona-19 Melalui Mendongeng atau Bercerita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *