Monday, 25-01-2021 01:50:00 pm
Home » Daerah » Uncategorized » PAUD dan Fungsinya Dalam Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

PAUD dan Fungsinya Dalam Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

(480 Views) November 26, 2020 11:12 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati

Oleh : Ayu Nur Ika

Kelompok 01 KKN Dahsyat IPMAFA



Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting dalam konteks pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan seorang anak di masa mendatang. Pendidikan anak usia dini diarahkan dalam rangka menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan mendorong pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan pada anak. Bisa dikatakan bahwa pendidikan pada masa kanak-kanak adalah semacam pondasi minat, bakat, dan kemampuan anak.

Mendidik dan mengajarkan anak tidak hanya berpaku pada materi pendidikan secara formal, seperti membaca, menulis, atau berhitung. Namun, juga diiringi dengan pendidikan karakter sehingga kecerdasan anak diiringi dengan pribadi yang baik. Jika biasanya pendidikan formal bisa didapatkan melalui sekolah, pendidikan karakter ini biasanya perlu diberikan baik dari guru maupun orang tua. Pendidikan karakter pada anak merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Oleh karena itu, pendidikan karakter berperan penting pada bagaimana anak bersikap dan menjalani kehidupan mereka. Jika pendidikan karakter anak sudah kuat, anak akan tumbuh dan berkembang dengan tangguh, mandiri, aktif, dan kreatif.

Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (kognitif), sikap dan perasaaan (afektif), dan tindakan (aksi). Tanpa ketiga aspek ini maka pendidikan karakter tidak akan efektif. Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan maka seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini adalah bekal dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan hidup termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis.

Fungsi dari pendidikan karakter dan budaya bangsa menurut Puskur (2010) adalah sebagai berikut :
Pengembangan : pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi yang berperilaku baik,
Perbaikan : memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggungjawab dalam pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat,
Penyaring : untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai budaya dan karakter budaya yang bermartabat.

Dilansir dari laman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, secara umum tujuan pendidikan karakter yang tertuang pada Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yakni berbunyi sebagai berikut : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.”

Pada intinya, PAUD merupakan tempat bermain sekaligus belajar bersosialisasi secara langsung dengan sesamanya. Fungsi PAUD itu sendiri untuk mengembangkan potensi anak, pembentukan karakter anak, dan tetap memberikan kesempatan bermain pada anak.(*)

Published by

Categorised in:

No comment for PAUD dan Fungsinya Dalam Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *