Wednesday, 01-12-2021 07:25:25 am
Home » Kabar Desa » Lomba Gotong Royong Desa Soneyan Maju Ketingkat Nasional

Lomba Gotong Royong Desa Soneyan Maju Ketingkat Nasional

(1091 Views) April 4, 2017 6:23 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso sontak menjadi ramai dan meriah, bukan karena ada pentas hiburan, akan tetapi adanya rombongan tamu penting dari tim penilai lomba gotong royong tingkat Propinsi Jawa Tengah yang di dampingi rombongan dari pejabat dari pemda kabupaten Pati dan ketua TP PKK kabupaten Pati ibu Sushariyanto.
IMG-20170403-WA0021

Dalam penilaian lomba gotong royong tingkat propinsi Jawa Tengah yang di selenggarakan pada hari Senin 03/04/2017 di Kantor Balai Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso kabupaten Pati di ikuti oleh warga masyarakat desa Soneyan yang di tasbihkan menjadi juara lomba gotong royong tingkat Kabupaten Pati, sehingga desa Soneyan berhak mewakili Kabupaten untuk lomba yang sama tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutan bupati Pati yang di wakili oleh asisten I sekda Kabupaten Pati bapak Drs. Setiyono MM mengatakan, desa Soneyan ini dalam kehidupan masyarakatnya mulai dari pemuda, warga lingkungan bahkan perangkat desanya, soal gotong royong tidak perlu di ragukan lagi. Oleh karena itu desa Soneyan layak menjadi pemenang lomba tingkat Kabupaten, sehingga tidak menutup kemungkinan pada penilaian lomba gotong royong tingkat Propinsi bisa menjadi juara satu, “tegas Setiyono yang memberikan ucapan selamat datang kepada tim penilai.



Semangat gotong royong dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal mulai menurun. Salah satu upaya pemerintah daerah menumbuhkan kembali semangat kegotong royongan dan keswadayaan masyarakat dengan cara diadakan lomba gotong royong secara berjenjang mulai dari tingkat desa hingga tingkat nasional,” imbuh Setiyono.

Melalui lomba gotong royong ini di harapkan ada semangat kebersamaan dan kegotong royongan masarakat akan mulai tumbuh kembali agar bisa mengakar, melembaga dan mekestarikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga menjadi masyarakat hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, agama serta lingkungan, “harap asisten I sekda Kabupaten Pati. Menurut Setiyono, lembaga kemasyarakatan desa Soneyan telah menunjukan peran dan kiprahnya sebagai mitra pemerintah desa guna memberdayakan masyarakat.

Dengan demikian dalam perencanaan pembangunan secara partisipatif termasuk menggerakan dan mengembangkan semangat gotong royong dan swadaya masyarakat. Dan Pemerintah Kab Pati mengapresiasi dan menyambut baik upaya masyarakat desa Soneyan dalam rangka menjaga dan melestarikan semangat kebersamaan, kerukunan, keswadayaan serta kegotong royongan dan melembaga dalam tata kehidupan sehari-hari di masyarakat,” tandas sekda Kabupaten Pati.

Sedangkan Ketua Tim Penilai lomba gotong royong terbaik tingkat propinsi mengatakan,” mengaku terkesan dengan semangat masyarakat desa Soneyan sudah menunjukan sifat gotong royong yang tinggi dan paduan partisipatif masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada desa soneyan yang mampu masuk dalam nominasi penilaian lomba gotong royong tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini tim penilai akan mengkaji dan mengklarifikasi di lapangan pada hasil penilaian sebelumnya sehingga penilaian akhir akan lebih obyektif dengan kondisi yang sebenarnya. Kegiatan terbaik gotong royong tingkat propinsi Jawa Tengah 2017 ini, dimaksudkan untuk menjaga budaya gotong royong, meningkatkan kesemangatan gotong royong masyarakat di masa kini dan di harapkan mampu menumbuh kembangkan nilai-nilai gotong royong dimasa yang akan datang. Sehingga gotong royong sebagai modal sosial masyarakat yang akan tumbuh dan berkembang dalam era globalisasi saat ini.

Melalui kegiatan ini agar mampu menggalang dalam suatu masyarakat dalam pembangunan serta menemukan kembali keberhasilan dalam pelaksanaan gotong royong masyarakat. Pada saat ini seiring dengan moderenisasi globalisasi dan kemajuan tekhnologi informasi telah memberikan kemudahan bagi setiap individu dalam memperoleh hasil hidupnya.
Pemerintah Propinsi Jawa Tengah merasa memiliki kepentingan untuk melestarikan budaya gotong royong di masyarakat. Nilai-nilai gotong royong masyarakat yang akan mampu mendukung proses pembangunan yang efektif dan efesien.

Nilai-nilai gotong royong tidak terbatas pada tradisi gugur gunung , namun juga ada pengertian yang mengarah pada bidang ekonomi, sosial budaya dan agama serta lingkungan dan ketentraman.
Dengan gotong royong maka pemanfaatan sumber budaya lokal akan semakin optimal dan nilai mandiri akan semakin meningkat dalam rangka mewujudkan Jateng berdikari.

Dalam tata pemerintahan kita bahwa desa merupakan yang terendah yang memiliki hubungan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu upaya menumbuhkan gotong royong di masyarakat pada tingkat desa merupakan kebutuhan yang mendesak dan sangat penting guna membangun masyarakat mandiri untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Maka kegiatan ini akan mampu di kembangkan di masyarakat secara lebih luas terhadap desa guna membantu mengatasi permasalahan dan atau mengembangkan budaya ekonomi sesama antar kelurahan. Penanaman nilai-nilai gotong royong dalam artian luas di harapkan mampu mengembangkan ekonomi produktif, infrastruktur dan termasuk lingkungan masyarakat yang berdekatan sehingga mampu mewujudkan kawasan desa yang berdikari.

Maksud dan tujuan kami datang ke desa Soneyan untuk mengingatkan kembali kelembagaan masyarakat khususnya desa bahwa gotong royong sangat penting untuk menjaga konsistensi desa serta bentuk partisipasi masyarakat dalam bentuk membangun desa.
Menurut tim penilaian lomba tingkat Propinsi bahwa penilaian lomba gotong royong terbaik tingkat propinsi harus mengacu pada empat indikator yaitu bidang kemasyarakatan, bidang sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan hidup.
IMG-20170403-WA0024

Dan harapan kami, ajang penilaian ini dapat dijadikan pemacu semangat dalam pengabdian dan pencapaian kinerja sebagai abdi masyarakat, pelayan masyarakat dan pelaksana pembangunan. Khususnya kepada tim penilai yang di tunjuk agar melakukan penilaian secara obyektif, jujur dan berani menetapkan yang terbaik di tingkat Propinsi ,” tegas Ketua tim penilai lomba . (S.D!m@n/Z@rkon!)

Published by

Categorised in:

No comment for Lomba Gotong Royong Desa Soneyan Maju Ketingkat Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *