Monday, 20-05-2024 03:13:02 pm
Home » Kabar Desa » Diduga Oknum Aparat Pemerintah Desa Bogotanjung Pungli Proyek Bantuan Aspirasi

Diduga Oknum Aparat Pemerintah Desa Bogotanjung Pungli Proyek Bantuan Aspirasi

(5355 Views) May 22, 2017 3:17 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Pembangunan Desa adalah harapan masyarakat karna Desa yang maju akan meningkatkan SDM masyarakat sendiri. Desa yang bagai ujung tombak pembangunan sekarang ini adalah pilar utama Pemerintahan kabinet Presiden Jokowi saat ini. Adapun pembangunan dari ujung barat sampai ketimur bahkan harus lebih diutamakan untuk memberdayakan masyarakat yang ada didesa tersebut.

IMG-20170522-WA0036

Keadaan ini sangat disayangkan jika dimanfaatkan oleh oknum yang ada di Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Desa yang seharusnya maju dengan adanya pembangunan, akan tetapi dalam kemajuaannya disertai dugaan adanya swadaya dari masyarakat.



Adanya swadaya yang diminta oleh oknum pemerintahan didesa Bogotanjung sudah beredar luas. Ketika kami tim targethukum melakukan investigasi di desa bogotanjung Rt 02 Rw 02 mengeluhkan adanya swadaya sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Yang diperuntukkan untuk pembangunan yang sudah ada anggarannya dari Aspirasi DPRD.

Salah satu narasumber ketika di wawancarai oleh kami mengatakan dari 54 masyarakat yang dimintai swadaya tersebut terkumpul uang sebesar Rp. 16.200.000-, (enam belas juta dua ratus ribu rupiah). Yakni masing-masing per orang sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Baik itu masyarakat miskin, sederhana, maupun kaya di minta sama.

Memang narasumber membenarkan juga sebelum adanya swadaya tersebut sudah ada perkumpulan di musholla, akan tetapi dalam hal ini apakah ketika pihak pemerintah desa bogotanjung mengajukan aspirasi kepada DPRD tidak ada pengarahan terlebih dahulu, dan juga ketika dana aspirasi tersebut cair apakah tidak ada RAB.

“Ketika ada perkumpulan dimusholla saya dimintai uang sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Mas, liat kondisi saya yang kesehariannya bikin tusuk Botok (dalam bahasa jawa biting) dimintai. Dan ada juga yang kesehariaannya mencari sisa-sisa padi yang ada disawah pun juga dimintai swadaya”. tutur salah seorang Masyarakat.

IMG-20170522-WA0035

Masyarakat sendiri sebenarnya menginginkan desanya maju dengan pembangunan, akan tetapi kemajuan tersebut tidak mengharuskan adanya swadaya, karna pembangunan tersebut sudah ada anggaran dari pemerintah.

“saya senang kalo desa saya maju mas, akan tetapi dengan swadaya tersebut ada patokan baik yang kaya maupun miskin, kasihan yang miskin mas. Semua kan sudah ada anggaran dari pemerintah” imbuh seorang warga masyarakat. (TIM Leak)

Published by

Categorised in:

No comment for Diduga Oknum Aparat Pemerintah Desa Bogotanjung Pungli Proyek Bantuan Aspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *