Monday, 20-05-2024 03:26:08 pm
Home » Daerah » Haul Mbah Surgi Kamandowo di Desa Sundoluhur Kayen Pati

Haul Mbah Surgi Kamandowo di Desa Sundoluhur Kayen Pati

(3668 Views) August 5, 2017 4:28 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Menjelang Haul Waliulloh Mbah Surgi Kamandowo diarea makam desa Sundoluhur tepatnya di pesarean Mbah Hyang Surgi Kamandowo, sabtu pagi pukul 08.45 WIB para siswa siswi Mi Nihayaturoghibin Tahlil bareng bersama para bapak dan ibu guru sebagai bentuk kecintaan kita kepada Waliulloh leluhur dan pendiri desa Sundoluhur kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

LogoLicious_20170805_110749

Kurang lebih 300 siswa dan Siswi melakukan tahlil bersama dan membaca surah yasin secara khusuk sabtu pagi pukul 08.30 sampai jam 09.15 WIB (05/08/17) acara tahlil yang dipimpin oleh Anik Najibulloh al khafid itu berlangsung sangat khidmad.



Mbah Hyang Surgi Kamandowo adalah pendiri desa Sundoluhur beliau adalah sosok utusan dari Mataram yang di utus untuk menyebarkan agama islam khususnya desa Sundoluhur dan sekitarnya, sekitar abad ke 15 Masehi.

Dan setiap tahunnya warga Desa Sundoluhur Selalu antusias memperingati Haulnya tepatnya di bulan apit (Dzulqo’dah) mulai sebelum hari H pelaksanaan haulnya di adakan Pawai karnaval yang akan diiringi grup drum band dari SMK annajjah dan dari SMU PGRI 1 kayen serta atraksi Barongsai yang akan di mulai start dari lapangan sebelah utara makam hingga keliling Desa Sundoluhur, yang akan laksanakan besok hari minggu pukul 13.00 WIB.

Acara Haul tersebut juga di lakukan bersamaan dengan Sedekah bumi Desa Sundoluhur, Darmanto selaku ketua Panitia Pawai Karnavalnya ketika kami tim media mewawancarai, beliau mengatakan ” bahwa acara pawai seperti ini harus dilaksanakan setiap tahun, karena sebagai bentuk kecintaan kita kepada leluhur kita, saya pribadi juga berharap untuk pemerintah desa Sundoluhur mendukung penuh kegiatan pawai karnaval tersebut kalau bisa tiap tahun harus di anggarkan dana dari Desa, seperti desa-desa yang lain, karena selama ini pemerintah desa Sundoluhur kurang begitu peduli dengan kegiatan kepemudaan.

Karena pawai karnaval yang akan di laksanakan besok hari minggu adalah murni dari inisiatif forum komunikasi pemuda Sundoluhur, karena saya selaku ketuanya saya berharap agar pemerintah Desa Sundoluhur selalu mendukung dan mensuport acara tersebut agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar khususnya dalam hal finansial dan pendanaan,” ungkapnya menutup pembicaraan. ($.wawan)

Published by

Categorised in: ,

No comment for Haul Mbah Surgi Kamandowo di Desa Sundoluhur Kayen Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *