Monday, 03-10-2022 09:02:37 pm
Home » Kabar Desa » Kerupuk Bawang Aning Sukses Meraup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Kerupuk Bawang Aning Sukses Meraup Omzet Ratusan Juta Rupiah

(1791 Views) August 21, 2017 9:48 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Senin tgl (21/08/17) Perjuangan yang berat yang di lalui oleh ibu Aning Hidayati dengan keluarga kecilnya dengan ketiga putri yang masih kecil-kecil. Dengan kehidupan yang pas pasan kalau tidak mau dibilang kekurangan, namun dengan kegigihan beliau hanya dengan bekal tabungan 5ribu rupiah pada saat itu pada tahun 1987 Aning Hidayati memulai usaha kerupuk bawangnya.

IMG-20170821-WA0066

Hanya bekal uang 5ribu pada saat itu dibelanjakan untuk beli tepung 2kilo, bumbu bawang dan minyak goreng tak lebih, yang penting bisa membuat jajanan khas stik jokey dipasarkan bersama suaminya dari warung ke warung.



Dengan keuntungan yang kecil setiap harinya yang cukup sekedar buat makan, Aning Hidayati dari keuntungan tersebut ditambahkan untuk tambah modal dari belanja tepung 2kilo bertambah menjadi 3kilo dan seterusnya.

Kini produksi kerupuk bawang Aning” cap label yang produksi dari desa Trangkil Pati ini semakin berkembang dan maju bahkan omzetnya mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya, dengan karyawan karyawati hingga mencapai 65 orang shif setiap harinya. Dirumahnya tersimpan berbagai mobil terbaru kelas mewah seperti Pajero Sport, Jeep Willys dan sebagainya.

Produksi “kerupuk bawang Aning” pemasaran hampir seluruh Jawa Tengah bahkan hingga ke Jogjakarta bahkan masuk di swalayan terbesar maupun di Alfamart, Indomaret dengan label “Aning”. Inilah satu UMKM yang saat itu diberdayakan oleh dinas terkait baik dari Disperindag dengan bantuan pemasaran maupun dari Distanak berupa hibah alat alat untuk proses produksi. Bu Aning Hidayati saat ini adalah ketua claster makanan ringan yang ada di kabupaten Pati.

Pelaku UMKM saat ini masih dibawah binaan dari Bapeda FEDEP bidang ekonomi sampai sekarang. FEDEP atau Forum Pengembangan Ekonomi Dan Perluasan Tenaga Kerja yang lebih dikenal Forum For Economic And Eployment Promotion. Dengan produksi yang melimpah setiap harinya dengan aneka item saat ini, selalu mengembangkan usahanya salah satunya dengan berkerja sama dengan Akumindo Pati untuk pembinaan dan pemasaran. Akumindo adalah asosiasi UMKM Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya usaha mikro.

LogoLicious_20170821_152722

Inilah bukti kerja keras dan kegigihan dengan semangat pantang menyerah Bu Aning Hidayati dalam usia senjanya sudah menuai kesuksesan yang luar biasa, kini bisnis usahanya sudah diserahkan kepada putri putrinya yang sudah lulus wisuda, Eva lulusan sarjana ekonomi, yang putri kedua lulusan akutansi dan yang ketiga lulusan dari sarjana hukum. ($.Pranata)

Published by

Categorised in: ,

No comment for Kerupuk Bawang Aning Sukses Meraup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *