Tuesday, 07-12-2021 06:29:15 am
Home » Hidayah » Pawai Dan Karnaval Dalam Rangka Haul Mbah Surgi Kamandowo

Pawai Dan Karnaval Dalam Rangka Haul Mbah Surgi Kamandowo

(1009 Views) August 6, 2017 5:02 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Haul Waliulloh desa Sundoluhur Mbah Surgi Kamandowo tepatnya di area makam desa Sundoluhur kecamatan Kayen Kabupaten Pati, ratusan siswa dan siswi Mi Nihayaturoghibin, SMK AN Najah dari Kayen , SMA 02 PGRI Kayen, SD Negeri Sundoluhur, Paud – TK Sundoluhur juga ikut serta pemuda dan masyarakat umum juga para tokoh masyarakat melaksanakan kegiatan pawai desa atau karnaval sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmatNya selama ini.

IMG-20170806-WA0024

Pawai karnaval sudah menjadi bagian budaya dari masyarakat desa Sundoluhur yang terpenting adalah menyambut Haul Mbah Surgi Kamandowo ke- 21, yang dilaksanakan di lapangan desa pada hari Minggu tgl (06/08/17) pukul 13.30 WIB.



Start awal karnaval dengan berbagai ketrampilan dan akrobatik yang dilakukan oleh drum band (Abimanyu) dari SMA 02 PGRI Kayen juga drum band dari SMK AN Najah Kayen yang saat itu membawakan tarian liong-liong juga ada barongsai yang ditampilkan oleh siswa-siswi tersebut cukup menghibur masyarakat desa Sundoluhur.

Perjalanan panjang dengan rute yang cukup jauh kurang lebih 2,5 – 3km hingga sampai ke dukuh Duan dan sekitarnya, lelah panas dan capek tidak dihiraukan dengan semangat yang tinggi peserta karnaval mampu menyelesaikan perjalanan hingga ke garis finis.

IMG-20170806-WA0042

Acara Haul tersebut juga di lakukan bersamaan dengan sedekah bumi desa Sundoluhur juga menyambut HUT RI ke-72, Darmanto selaku ketua Panitia Pawai Karnavalnya ketika kami tim media bertemu beliau mengatakan ” bahwa acara pawai seperti ini harus dilaksanakan tiap tahun, karena sebagai bentuk kecintaan kita kepada leluhur kita, saya pribadi juga berharap untuk pemerintah Desa Sundoluhur mendukung penuh kegiatan pawai karnaval tersebut kalau bisa tiap tahun harus di anggarkan dana dari kas desa, seperti desa-desa yang lain, karena selama ini pemerintah desa Sundoluhur kurang begitu peduli dengan kegiatan kepemudaan.

Karena pawai karnaval adalah murni dari inisiatif forum komunikasi pemuda Sundoluhur, karena saya selaku ketuanya saya berharap agar pemerintah desa Sundoluhur selalu mendukung kegiatan desa terutama pawai karnaval yang mana kegiatan ini adalah untuk memperingati haulnya Mbah Surgi Kamandowo dan mensuport acara tersebut agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan,” ungkapnya.

Acara kegiatan pawai karnaval ini ternyata banyak sekali masyarakat yang antusias hingga turun dijalan raya, sekedar untuk melihat dan menyambut dengan memberikan makanan atau minuman. Juga pengawalan yang dilakukan oleh petugas kepolisian sektor Kayen melalui anggota Babinsa Bripka Sukawi, Brigadir Dedi Hermawan, Brigadir Purwanto dan Brigadir Joko Waluyo cukup sigap dilapangan.

IMG-20170806-WA0036

Melalui Kapolsek Kayen AKP Sutopo SH. membenarkan bahwa kegiatan pawai dan karnaval dalam rangka memperingati haulnya Mbah Surgi Kamandowo berlangsung dengan tertib aman dan lancar tidak ada hambatan apapun. Dan semoga kedepannya masyarakat diwilayah Kecamatan Kayen dapat saling bersinergi bersama membangun ketertiban dan kenyamanan bersama, agar semua kegiatan dapat berlangsung dengan kondusif, dan saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat desa Sundoluhur khususnya. (drmto)

Published by

Categorised in: ,

No comment for Pawai Dan Karnaval Dalam Rangka Haul Mbah Surgi Kamandowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *