Sunday, 28-11-2021 11:39:15 pm
Home » Misteri » Jejak Makam Keramat Leluhur di Desa Semirejo GEMBONG PATI

Jejak Makam Keramat Leluhur di Desa Semirejo GEMBONG PATI

(6695 Views) November 6, 2017 10:26 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Senin tgl (06/11/17) bertempat di dukuh randangan makam Balekambang jejak siar Islam sangat kuat auranya, dipinggiran kali sendang atau kedung mata air desa Semirejo kecamatan gembong kabupaten Pati terdapat makam Sunan Kuning trah dari Mataram yang masih bisa dilihat jejaknya.

LogoLicious_20171106_172430

Oleh Kades semirejo Triyono sebagai trah keluarga dari Sunan Kuning, pada saat itu pada tahun 90 an sudah ada dari keraton solo maupun dari yayasan Walisongo datang singgah dan menggungkap jejak sejarah makam tersebut. Namun naas beberapa kali utusan dari yayasan Walisongo tertimpa musibah pada saat mengungkap misteri makam keramat tersebut.



Saat ini makam keramat oleh Kades Semirejo Triyono dan warga melakukan perawatan makam keramat tersebut, hingga ada perbaikan dan perawatan makam agar lebih baik.

Adapun silsilah dari pangeran Ronggo Joyo Kusumo adalah putra¬† sunan Prabu Amangkurat dari Raja Surakarta, yang lebih dikenal sebagai Sunan Kuning. Dan deretan makam yang pertama adalah Raden Ronggo Joyokusumo I berjuluk Sunan Kuning kemudian makam pangeran Hadi Joyokusumo masih kerabat dari Mataram, yang ke III pangeran Ronggo Joyokusumo II atau pangeran Anom atau Bupati ke dua di randangan adalah putra dari Sunan Kuning dan makam yang belum dibangun adalah anak daripada pangeran Ronggo Joyokusumo pertama’ bernama Raden Dono Joyokusumo beserta istrinya Raden Ratu Ayu Gumilang Kencono.

Jejak makam keramat ini masih meninggalkan petilasan berupa sendang agung Tirto Kencono, mushola batu pasujudan yang konon airnya dari sendang tersebut dapat mengobati berbagai penyakit dan mampu mengangkat derajat pangkat seseorang.

Jejak siar makam Islami yang ada di desa Semirejo dukuh randangan, saat ini di uri uri oleh salah satu keturunan trah keluarga Mataram yang saat ini menjabat sebagai kepala desa Semirejo bernama Triyono atau lebih dikenal dengan nama Pangeran Lawu, yang saat ini diberikan ijin oleh leluhurnya meneruskan perjuangan beliau. ($.cipto)

Published by

Categorised in:

No comment for Jejak Makam Keramat Leluhur di Desa Semirejo GEMBONG PATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *