Wednesday, 01-12-2021 06:11:39 am
Home » Hukrim » Pergantian Tahun Baru 2018, Gangguan Kamtibmas Semakin Merajalela

Pergantian Tahun Baru 2018, Gangguan Kamtibmas Semakin Merajalela

(413 Views) January 9, 2018 5:54 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Rabu tgl (10/01/18), Pergantian tahun baru 2018 telah berlalu, segala harapan baru terbesit disetiap insan. Dari pekerjaan profesi dan sebagainya, diharapkan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

LogoLicious_20180110_004237

Lebih semangat lagi dengan dibentuk dan digelarnya operasi Mantap Praja. Demi terciptanya situasi yang kondusif dan bisa memberikan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat.



Sinergitas antara Polri dengan TNI saling menggandeng tangan mendukung instansi terkait. Dimana Operasi Mantap Praja sudah digelar mulai Januari untuk wilayah hukum Kabupaten Pati. Namun Operasi Mantap Praja belum semuanya bisa menjangkau keamanan secara kompreihensif atau menyeluruh.
Terbukti diwilayah hukum Pati bagian selatan terutama ada beberapa tempat yang masih ada teror yang sangat meresahkan masyarakat sehingga tidak merasa aman.

Kerawanan dan gangguan Kambtibmas masih sering terjadi disepanjang jalan jalur antara wilayah Kayen hingga Sukolilo yang disinyalir masih banyak orang-orang yang tidak dikenal nongkrong di sepanjang jalan.

Menurut informasi yang dihimpun media suarapatinews melalui warga setempat HR di desa Gadudero Sukolilo, yang mana pada waktu siang maupun malam melihat banyak tongkrongan orang yang tidak dikenal ditempat bumi perkemahan.

Hal itu dilakukan hampir setiap hari sehingga diduga ada kecurigaan yang mengarah pada tindakan kriminal jalan (street cryme).

Menurut keterangan HR membuktikanya sewaktu pulang menjenguk kawan di Rumah Sakit bersama rombongan. Dalam perjalanan pulang rombongan tiba di jalan Kecing (tempat tongkrongan) turut desa Kedumulyo Sukolilo Pati, Senin tgl (08/01/18).

Rombongan tersebut di lempari clurit oleh orang tak dikenal yang lagi nongkrong di depan warung atau depan cucian motor. Untung kena punggung dan tidak sampai melukai korban,” tuturnya.

Gangguan Kamtibmas yang lain juga sering terjadi di desa Gadudero Kecamatan Sukolilo Pati. Hal ini telah di lihat langsung oleh YT warga setempat kepada media suarapatinews menceritakan, pada tanggal 31 Desember 2017 sekira pukul 23.45 WIB, ada anak-anak yang lagi main HP didepan Vulkanisir Ban Putra Tunggal juga kena lemparan batu dari orang tak dikenal.

Hal serupa juga di ceritakan oleh SM warga desa Gadudero, pada malam pergantian tahun baru sekira pukul 21.00 WIB tepatnya dibengkel sepeda motor sdr UL juga dilempari batu oleh orang tak dikenal.

Gangguan dan teror mungkin akan terjadi secara terus menerus disepanjang jalan antara Kayen sampai SPBU Sukolilo.

Jika dari aparat sebagai penegak hukum tidak bertindak segera mungkin, keresahan yang dirasakan oleh masyarakat tidak merasa nyaman.
Upaya dan langkah yang harus dilakukan adalah, Operasi Mantap Praja” guna meminalisir gerombolan orang-orang yang tidak dikenal yang nongkrong disepanjang jalan antara Kayen hingga SPBU Sukolilo tersebut. Yang tidak menutup kemungkinan bisa mengarah pada tindakan kriminal lainya.

Yang perlu di sikapi bila di lakukan Operasi adalah tepatnya di depan warung atau cucian motor Kecing. Hingga area Jembatan Curug dan area jembatan Gedongan turut desa Kedumulyo. Tidak luput juga area yang paling rawan adalah bumi perkemahan tepatnya di warung kosong dan rumah kendeng.
Dengan peta wilayah yang disebut diatas, menunjukan tempat yang digunakan sebagai tongkrongan, banyak warga yang mengeluh adanya tongkrongan orang-orang tak dikenal.

Warga yang kebetulan lewat cenderung takut dikala anarkis dan tindakan kriminal menyerangnya. Hal yang demikian banyak pengguna jalan yang takut lebih-lebih pada anak yang baru pulang sekolah.

Warga hanya berharap kepada aparat keamanan untuk dilakukan Operasi Mantap Praja agar bisa menjangkau hingga ke lokasi tersebut khusunya di wilayah SPBU Sukolilo.

Lain dari itu juga mengharap kepada pihak keamanan di wilayah hukum Sukolilo (Polsek) juga bertindak lebih cepat guna mengantisipasi dan memberantas teror sebagai bentuk gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum kerja Sukolilo.

Hal ini terbukti ada penyerahan senjata tajam (sajam) oleh tim Target Hukum yang di sita dari orang tak dikenal yang nongkrong di warung kosong area bumi perkemahan desa Gadudero Sukolilo kemarin sore yang diterima oleh Warsono anggota Polsek Sukolilo. (Tim/$.Pati)

Published by

Categorised in:

No comment for Pergantian Tahun Baru 2018, Gangguan Kamtibmas Semakin Merajalela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *