Friday, 19-04-2024 03:04:55 pm
Home » Nasional » Kepala BNN:Tembak Mati Pelaku yang Kedapatan Membawa 1 Kg Narkoba

Kepala BNN:Tembak Mati Pelaku yang Kedapatan Membawa 1 Kg Narkoba

(677 Views) February 11, 2018 8:01 am | Published by | No comment

Suarapatinews.SURABAYA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) menduga ada 18 jenis prekusor dari 620 ton yang akan masuk ke Indonesia lewat jalur laut kawasan Indonesia Timur. Upaya tersebut kini sudah dipantau petugas karena indikasi orang yang menerima sudah dicurigai.
Hal tersebut disampaikan Buwas demikian dipanggil saat peletakan batu pertama kantor BNNP di Jalan Sukomanunggal, Sabtu (10/2/2018). Informasinya, prekusor tersebut akan disebar dari Indonesia Timur ke beberapa wilayah di Indonesia.
“Saya sudah minta anggota untuk mendalami hal itu. Jika benar langsung selesaikan saja di lapangan” tandas Buwas.
Dalam hal ini, Buwas susah memerintahkan pada seluruh jajarannya untuk menembak mati bagi pelaku yang kedapatan membawa 1 kg narkotika. Rupanya langkah untuk memerangi peredaeran narkotika khususnya di Jatim, mendapat dukungan dari Gubernur Jatim, H Soekarwo alias Pakde Karwo. Menurut Buwas, jumlah pelaku atau bandar narkotika yang tewas dimoncong revolver selama kurun waktu 2017, sebanyak 79 orang. Meski demikian, masih banyak pelaku atau bandar yang berani mengedarkan narkotika dengan skala besar.
“Saya sudah perintahkan seluruh jajaran. 1 kg ke atas harus mati. Terserah kalau ada yang protes sama saya. Saya sudah bilang kalah pertanggungjawaban saya dunia akhirat,” tandas Buwas dalam acara peletakan batu pertama Gedung BNNP Jatim di Jalan Sukomanunggal, Sabtu (10/2/2018).
Mantan Kabareskrim, menegaskan pelaku atau bandar narkotika bisa disebut ‘penghianat negara’. Pasalnya, tindakan yang dilakukan adalah merusak generasi bangsa.
“Pengkhianat itu harus dieksekusi. Dia ikut membunuh bangsa kita. Itu yang harus dipikirkan serius,” tegasnya.
Menurutnya, saat ini ada 68 narkotika jenis baru. Sebanyak 65 jenis sudah masuk UU Kesehatan dan yang tiga jenis masih belum.
Dalam kesempatan itu, Buwas juga menegaskan, dari hasil evaluasi menunjukkan jika peredaran narkoba di Indonesia masih banyak dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Ada sekitar 90 persen pengungkapan jaringan narkotika melibatkan Lapas.($uyoto)

Published by

Categorised in:

No comment for Kepala BNN:Tembak Mati Pelaku yang Kedapatan Membawa 1 Kg Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *