Friday, 21-01-2022 08:01:54 pm
Home » Daerah » Setelah Direnovasi Pendopo Baru Kabupaten Pati Diresmikan Oleh Bupati Haryanto

Setelah Direnovasi Pendopo Baru Kabupaten Pati Diresmikan Oleh Bupati Haryanto

(715 Views) August 8, 2018 12:55 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Pendopo Kabupaten Pati yang merupakan peninggalan sejarah sejak 200 tahun lalu, diresmikan oleh Bupati Kabupaten Pati Haryanto setelah selesai dilakukan renovasi pembangunan pendopo. Peresmian sendiri dilakukan usai pelaksanaan rapat paripurna Hari Jadi Pati ke 695 tahun 2018, yang disaksikan pimpinan Forkopimda, sejumlah anggota DPRD, dan Para pimpinan SKPD di lingkup Pemda Kabupaten Pati.

Megahnya Pendopo Baru Kabupaten Pati menjadi salah satu icon cagar budaya yang perlu dilestarikan.

Haryanto kepada awak media disela-sela peresmian pendopo menyampaikan bahwa renovasi pembangunan pendopo Kabupaten Pati dilakukan secara 2 tahap, pada anggaran APBD tahun 2017 dan 2018, ” Pembangunan Pendopo ini kita lakukan secara 2 tahap, tahap pertama kita bangun bagian Peringgitan belakang dan tahap ke 2 kita bangun renovasi bagian tengah dan depan,” katanya Senin tgl (06/08/18) malam kemarin.



Untuk merenovasi pembangunan pendopo, Bupati Haryanto mengatakan nilainya tidak bisa di hitung, pendopo yang masih ada sampai sekarang merupakan peninggalan sejarah sejak 200 tahun yang lalu, yang harus dijaga dan diselematkan karena hal ini merupakan cagar budaya,” ini hanya direnovasi, tidak ada yang dirubah, karena ini adalah peninggalan sejarah, maka harus diselamatkan, dalam pendopo itu juga tidak ada yang baru, hanya aksesoris dan baja saja yang baru agar terlihat lebih wah dan ngetrend,” terangnya.

Disinggung soal berapa besar anggaran renovasi pendopo, Haryanto sendiri mengaku tidak tahu, karena anggarannya melekat di Dinas Pekerjaan Umum (DPU),” untuk urusan biaya saya tidak hafal, karena yang menangani itu urusan DPU, saya hanya penerima manfaat,” cetusnya.

Dalam acara peresmian renovasi pendopo itu bertepatan dengan acara selamatan Hari Jadi Pati ke 695 tahun 2018 dengan cara memotong nasi tumpeng.

Peresmian juga dilakukan pemotongan bunga melati oleh Bupati Haryanto yang didampingi Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan para pimpinan forkopimda. (Andik/kusno)

Published by

Categorised in:

No comment for Setelah Direnovasi Pendopo Baru Kabupaten Pati Diresmikan Oleh Bupati Haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *