Friday, 20-05-2022 10:35:34 am
Home » Kabar Desa » Tradisi Bersih Desa dan Sedekah Bumi Berlangsung Meriah di Desa Tondokerto Kecamatan Jakenan Pati

Tradisi Bersih Desa dan Sedekah Bumi Berlangsung Meriah di Desa Tondokerto Kecamatan Jakenan Pati

(1852 Views) August 3, 2018 2:44 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati –  Bertempat didepan halaman rumah kepala desa Tondokerto Megy S.pd.I sekitar pukul 15.00 WIB juga di ikuti sejumlah perangkat desa setempat beserta warga desa tondokerto dan Babinsa Serma Sudadi serta mahasiswa – mahasiswi KKN UNS yang tinggal dirumah kepala desa Megy S.pd I tampak kompak berkumpul dan ikut merayakan acara tradisi adat bersih Desa atau sedekah bumi di desa Tondokerto, Jum’at tgl (03/08/18).

Warga dan masyarakat setempat sangat antusias dengan tradisi mengarak hasil panen polowijo setiap tahunnya.

Tradisi mengarak gunungan tumpeng yang berhias polowijo yang diselenggarakan di desa Tondokerto kecamatan jakenan Kabupaten Pati ini terbilang sangat unik selain tumpengannya warga setiap RT sangat antusias sekali dengan menonjolkan penampilan yang beda beda ada yang pakai pakaian adat jawa ada yang orang tua berpakaian seragam SD layaknya seperti anak SD dan ibu perpenampilan layaknya seorang ratu dan yang kelihatan uniknya lagi adalah dihiasan tumpeng dikasih uang lembaran mulai dari seribu, sepuluh ribuan sampai ratusan ribu.



Dalam berjalannya acara mengarak gunungan tumpeng mengelilingi desa juga diiringi marching band Misbahul Ulum dari desa pasucen sehingga acara semakin bertambah meriah.

Ketika kepala desa Megy S.pd ketika kami wawancarai beliau menuturkan bahwa tradisi mengarak gunungan tumpeng yang berhias polowijo sudah menjadi tradisi tahunan karena adat budaya semacam ini sudah turun temurun dari nenek moyang kami, bahkan mungkin saya belum lahir tradisi seperti ini sudah ada.

Dan saya tinggal meneruskan dan melestarikannya supaya anak cucu kita tahu bahwa adat budaya sedekah bumi tidak terlupakan dan menjadi warisan leluhur yang turun temurun.

Gunungan yang berupa hasil bumi dan palawija di arak mengelilingi desa sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Dan harapan saya dengan terlaksananya acara sedekah bumi ditahun ini semoga warga desa saya desa Tondokerto diberikan rejeki yang melimpah dan hasil tani dari bumi yang ditempati serba kecukupan serta diberi keselamatan selalu dalam lindungan Allah SWT itu harapan dari saya sebagai seorang pemimpin desa Tondokerto kecamatan Jakenan Kabupaten Pati yang selalu menguri-uri adat istiadat budaya jawa dari para leluhur selama ini sebagai bagian bentuk cinta tanah air kepada ibu Pertiwi. ($.JONO)

Published by

Categorised in:

No comment for Tradisi Bersih Desa dan Sedekah Bumi Berlangsung Meriah di Desa Tondokerto Kecamatan Jakenan Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *