Wednesday, 18-05-2022 04:14:01 am
Home » Daerah » IRMAS Gelar Pengajian Akbar Sambut Tahun Baru Muharram 1440 H

IRMAS Gelar Pengajian Akbar Sambut Tahun Baru Muharram 1440 H

(1222 Views) September 12, 2018 4:57 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Bertempat di dukuh Ngawen desa Sukolilo Pati tepat pada pukul 20.00 WIB telah diadakan pengajian umum yang diprakarsai oleh Ipang atau ikatan remaja masjid yang diketuai oleh saudara Ruswanto SPd yang di dukung penuh oleh Banser, Ansor dan MWC majelis musyawarah cabang.

Tahlil dan sholawat Nabi bersama seluruh masyarakat dukuh Ngawen Sukolilo Pati.

Diiringi rebana Shohibul Al Hidayah dari desa Pesagi Kayen di halaman masjid Sholihiyyah dukuh Jembangan Ngawen turut desa Sukolilo, Tahlil umum oleh saudara Mas’ud Junaedi Al Habib dan santunan anak yatim-piatu dipimpin oleh saudara Edi Proyek.



Pengajian Akbar menyambut tahun baru Hijriyah 1440 pemuda dukuh Jembangan Ngawen desa Sukolilo, acara pengajian terselenggara berkat keputusan hijrah irmas atau lebih dikenal dengan ipang remaja masjid Sholihiyah.

Dalam cara tersebut juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan pemberian tali asih kepada TPQ Hikamul Furqon. Acara pengajian Akbar tersebut di isi pembicara oleh Romo Kyai Ahmad Nuryanto SPd dari Tambakromo Pati.

Keputusan hijrah pemuda dukuh Ngawen memberikan kebanggaan orang tua mereka dan warga dukuh ngawen, pada dulunya pemuda Ipang senang sekali hobi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat dan cenderung pemborosan yang sering menimbulkan efek merusak bagi mental dan jiwa Ipang comunity, seperti mabuk-mabukan, berkelahi atau tawuran antar pemuda menjadi kebiasaan yang mengakar kuat pada saat itu.

Tokoh pemuda Ruswanto SPd bersama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat dukuh Ngawen Sukolilo.

Momentum pergantian tahun baru Islam membuat pemuda menjadi sadar diri atas kegiatan kurang bermanfaat selama ini yang mereka lakukan.

Dengan tekad hijrah pemuda tersebut membuat orang tua merasa bangga atas keputusan yang diambil anak anak mereka.

Tokoh pemuda yang memberikan pengaruh terhadap komunitas Ipang adalah seorang figur sederhana bernama Rusmanto S.pd yang sehari-hari bekerja sebagai pengajar disekolah dan juga pemilik usaha air isi ulang Tazkiyya.

Berawal keinginan hijrah  para pemuda menemui Rusmanto agar bisa diberikan bimbingan untuk menjadi pemuda yang lebih baik dan bermanfaat dilingkungan masyarakat khususnya di dukuh Ngawen Sukolilo Pati.

Kemudian terjadilah mufakat antar pemuda, kegiatan apakah yang layak untuk mengawali niat tulus hijrah para pemuda. Sehingga munculah gagasan untuk mengadakan acara pengajian Akbar yang sudah bertahun-tahun tidak dilaksanakan, momentumnya sangat pas bertepatan dengan tahun baru Islam Hijriyah atau hijrah.

Setelah musyawarah pertama sepakat kemudian musyawarah berikutnya dihasilkan keputusan untuk kegiatan santunan bagi anak yatim piatu dan juga tali asih dari TPQ Hikamul Furqon.

Niat hijrah pemuda dukuh Ngawen juga mendapatkan tanggapan positif dari pengurus Ansor dan BANSER kecamatan Sukolilo, sehingga Banser kecamatan Sukolilo hadir untuk membantu dan menjaga keamanan pengajian Akbar Pemuda dukuh Jembangan Ngawen Sukolilo.

Harapan ketua panitia Rusmanto S.Pd, semoga niat hijrah para pemuda untuk menuju kebaikan selalu terjaga dengan ikhlas, walaupun berat namun niat tulus dan sabar akan selalu menuai amal kebajikan, sehingga anggapan buruk bagi pemuda dukuh Ngawen Sukolilo bisa ditepis dan terkikis pelan tapi pasti.

Santunan kepada anak yatim-piatu oleh pelopor pemuda Edi Proyek.

Dan kedepan acara pengajian bisa selalu terselenggara secara rutin setiap tahunnya dan menjadikan niat hijrah dari Ipang komunity menjadi IRMAS atau ipang remaja masjid yang sholeh dan baik hati.

Dan terpenting dari kegiatan pengajian ini adalah pemuda dukuh jembangan Ngawen Sukolilo bersatu dan mempererat tali silaturahmi untuk saling berbagi kasih dengan sesama, menebarkan bunga kasih sayang kepada kaum dhuafa maupun anak yatim-piatu. ($.roy)

Published by

Categorised in:

No comment for IRMAS Gelar Pengajian Akbar Sambut Tahun Baru Muharram 1440 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *