Tuesday, 20-02-2024 09:46:51 pm
Home » Daerah » Kesenian Barong Hibur Warga Desa Jembangan Batangan Pati

Kesenian Barong Hibur Warga Desa Jembangan Batangan Pati

(821 Views) September 12, 2018 5:08 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Melestarikan adat budaya jawa Desa jembangan kecamatan Batangan Kabupaten Pati  dihibur oleh seni barong yang saat ini hampir punah karena itu perlu dilestarikan sebagai warisan cagar budaya, Kamis tgl (12/09/18).

Seni Barong menjadi warisan budaya bangsa yang harus terus dilestarikan.

Bertempat dihalaman depan kantor balai desa jembangan hiburan seni barong dalam rangka sedekah bumi  memang sangat diminati oleh warga karena kesenian barong adalah salah satu dari tradisi adat leluhur desa Jembangan Pati, bahkan begitu antusiasnya warga desa Jembangan hingga memadati halaman kantor desa guna menonton pertunjukan kesenian barong tersebut.



Ketika kami wawancara dengan kades Jembangan Padang Jumadi beliau menuturkan bahwa hiburan seni barong ini adalah salah satu dari tradisi adat sedekah bumi desa jeJembang, ini sebagai wujud rasa syukur saya selaku kades dan seluruh warga desa jembangan kehadirat ALLAH SWT.

Agar tradisi adat sedekah bumi yang dulunya sudah turun menurun sejak jaman dahulu dan kita tinggal meneruskan serta melestarikan adat budaya desa Jembangan yang nantinya biar tidak dilupakan oleh generasi anak cucu kita kelak, biarpun banyak sekali hiburan  di acara sedekah bumi disetiap tahunnya tetapi kesenian barong tidak pernah ketinggalan diacara tersebut.

Lanjutnya harapan saya selaku kades yang dituakan didesa jembangan Kecamatan Batangan kabupaten Pati  berharap semoga kedepannya semua  warga desa saya selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari segala mara bahaya serta dikasih rezeki yang melimpah ruah melebihi dari tahun tahun yang sebelumnya dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT,” terangnya.

Sejak dimulainya kesenian barong didepan halaman kantor balai desa hingga acara selesai kondisi berjalan lancar dan kondusif. ($.jono)

Published by

Categorised in:

No comment for Kesenian Barong Hibur Warga Desa Jembangan Batangan Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *