Friday, 21-01-2022 09:17:49 pm
Home » Daerah » Pawai Haul Nyai Ageng Ngerang di Hadiri Kapolres Pati

Pawai Haul Nyai Ageng Ngerang di Hadiri Kapolres Pati

(820 Views) September 12, 2018 3:51 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Peringatan Haul Nyi Ageng Ngerang yang jatuh pada tanggal 1 Muharrom 1440 H berlangsung sangat meriah yang dihadiri ribuan masyarakat yang dengan antusias datang untuk menyaksikan jalannya kirab yang ada, Rabu tgl (12/09/18).

Haul Nyai Ageng Ngerang di meriahkan marching band dan karnaval.

Acara di mulai pukul 13.00 WIB, di balai desa Tambakromo dengan diawali sambutan Kepala DesaTambakromo dan Kapolres pati serta pembacaan ikrar pemilu damai.



Selanjutnya di lakukan pemberangkatan peserta kirab oleh Kepala Desa Tambakromo dengan start di depan balai desa menuju makom yang terletak di Dusun Ngerang desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.

Hadir dalam acara Haul tersebut Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati S.Ik, M.Si, di dampingi PJU Polres Pati diantaranya Kasat Intelkam AKP Sugeng Dwi Haryanto, SH, Kasat Shabara AKP Sugino, SH, KBO Shabara Iptu Sutamto, Kapolsek Tambakromo AKP Haryono, SH bersama Waka Polsek dan anggota, Danramil 20 Tambakromo Kapten Inf Soepomo, Muspika Kecamatan Tambakromo, Kepala Desa Tambakromo Suyatno beserta perangkat, Ketua BPD bersama anggota, pengurus makam Nyi Ageng Ngerang, peserta kirab, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Tambakromo.

Kepala Desa Tambakromo Suyatno dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang hadir pada acara Haul Nyi Ageng Ngerang.

Acara Haul ini di maksudkan sebagai bentuk mengingat terhadap leluhur yang telah memberikan manfaat kepada warga.

Terima kasih atas kerjasama panitia yang telah bekerja maksimal pada acara Haul ini hingga dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, S.Ik,M.Si dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi sangat mengapresiasi kegiatan Haul ini, begitu banyak adat istiadat dan budaya baru, salah satu hal yang luar biasa, berkah yang di peroleh.

“Saya yang kurang lebih 5 bulan berada di Pati, salah satu yang paling berkesan adalah energi dari masyarakat Pati yang luar biasa,tidak ada habisnya,dari kegiatan ini ada kegiatan ini selalu dinamis dan ada kreativitasnya.

Kegiatan Haul ini adalah bentuk melestarikan budaya bangsa dan mengingat leluhur kita,” jelasnya.

Sebelum pelaksanaan pemilu 2019, kita ada pilkades,di Kecamatan Tambakromo terdapat dua desa yang akan melaksanakan yaitu Larangan dan Karangmulyo.

Tujuan pilkades adalah memilih pemimpin tingkat desa dengan proses yang baik dan benar.Mari kita kawal pilkades bersama-sama agar berjalan dengan baik dan Pati tetap aman,tentram dan kondusif,” pesannya.”

“Tambakromo merupakan Desa atau Kecamatan yang tidak asing bagi saya,satu atau dua minggu setelah menjadi Kapolres Pati,Tambakromo menjadi salah satu desa yang di sambangi.Pada prinsipnya dari Kepolisian Polres Pati siap mengawal kegiatan – kegiatan masyarakat Tambakromo,” pungkasnya.”

Dalam acara Haul Nyi Ageng Ngerang selain di lakukan kirab budaya juga arak-arakan tumpengan atau gunungan yang berisi hasil bumi masyarakat untuk di perebutkan oleh masyarakat ketika telah sampai di area makom Nyi Ageng Ngerang.

Acara Haul juga di meriahkan dengan penampilan Marching Band STIMART AMNI Semarang yang memukau masyarakat yang menyaksikannya. ($.tikno)

Published by

Categorised in:

No comment for Pawai Haul Nyai Ageng Ngerang di Hadiri Kapolres Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *