Friday, 21-01-2022 09:38:23 pm
Home » Daerah » Rawan Putus Jembatan Desa Wegil Butuh Perhatian

Rawan Putus Jembatan Desa Wegil Butuh Perhatian

(689 Views) September 28, 2018 8:08 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati –  Masyarakat desa Wegil Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera membangun jembatan penghubung desa yang hingga kini terkesan memprihatinkan.

Jembatan desa’ Wegil sangat memprihatikan, butuh perhatian dari pemerintah kabupaten Pati.

Jembatan yang sudah dibangun puluhan tahun lalu, namun saat ini sudah terlihat rusak dan rawan longsor ketika terjadi banjir bandang yang setiap saat terjadi ketika musim penghujan.



Novi, salah satu warga Wegil mengaku resah ketika musim penghujan tiba, sebab rumah yang berdekatan langsung dengan jembatan tersebut dikawatirkan menjadi imbas longsornya jembatan akibat terkikisnya aliran sungai yang nantinya mengalir pada saat musim penghujan.

“Disekitar kali sudah banyak yang longsor, namun dari Pemerintah belum ada upaya untuk membangun jembatan,” ungkapnya, Jum’at tgl (28/9/18).

Bukan hanya longsor, Namun Kata Dia, Jembatan yang ada juga dikawatirkan nyaris putus, sebab air kali yang mengalir nantinya akan mengikis sepanjang pinggir sungai yang nantinya akan sampai ke pemukiman warga.

 

“Setiap banjir bandang dari gunung, air selalu sampai ke pemukiman, apabila itu terus dibiarkan tanpa ada perhatian dari pemerintah, maka bisa-bisa rumah saya juga ikut longsor,” keluhnya.

“Selama ini sudah pernah ada dari pegawai yang mengecek lokasi jembatan, bahkan juga dipotret, tapi tidak ada tindak lanjut,” timpalnya.

Terpisah Kepala Desa Wegil Widiatmoko menjelaskan, jembatan penghubung antar desa yang merupakan jalan poros memang butuh perhatian, sejauh ini pihaknya sudah mengusulkan ke Pemkab untuk segera dibangun, hanya saja sampai saat ini belum ada tindak lanjut,” saya sudah usulkan ke Pemkab, bahkan dari pihak Pemkab juga sudah turun untuk mengecek lokasi jembatan, namun sampai sekarang belum juga dibangun,” katanya.

Selama ini, lanjut Dia, masyarakat sudah merasa resah lantaran jembatan kondisinya sudah memprihatinkan, sebab selain rawan lonsor, ketika hujan akan berakibat terkikisnya lokasi pembatas yang nantinya akan berimbas banjir dan masuk di pemukiman warga, apalagi saat ini untuk pondasi jembatan yang ada juga sudah banyak yang longsor dan kondisi jembatan juga rawan putus.

“Kalau kondisinya sudah rawan putus, jadi kami meminta agar Pemkab segera menindak lanjuti untuk segera membangun jembatan di desa Wegil, karena masyarakat juga sudah rawan putus,” harapnya.

Ditambahkan, apabila jembatan putus, maka jalur perekonomian warga juga akan putus, dan warga tidak akan lagi bisa melalui jalur itu, karena untuk menuju ke ibukota kecamatan dan ke ibukota kabupaten, akan lebih jauh dari jalur yang biasa dilalui.

“Jembatan itu kalau putus, warga harus berputar kalau lewat, karena ini merupakan jalur satu-satunya yang biasa dilewati, jadi kami harap Pemkab agar segera membangun jembatan itu,” pintanya. ($.tikno)

Published by

Categorised in:

No comment for Rawan Putus Jembatan Desa Wegil Butuh Perhatian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *