Tuesday, 07-12-2021 04:57:50 am
Home » Pendidikan » Mengharap Hujan Tiba Madrasah Mazro’atul Ulum Laksanakan Sholat Istisqo Bersama Warga dan Masyarakat Suwaduk

Mengharap Hujan Tiba Madrasah Mazro’atul Ulum Laksanakan Sholat Istisqo Bersama Warga dan Masyarakat Suwaduk

(589 Views) October 25, 2018 10:16 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Ndepe-Ndepe Mengharap Belas Kasih Allah Melalui Sholat Istisqo Bersama Madrasah Mazro’atul Ulum Suwaduk.

KH. Ansori Lhatif SPd. MPd penggagas pelaksanaan shalat Istisqo di halaman madrasah Mazro’atul Ulum desa Suwaduk.

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat semua makhluk yang ada di muka bumi mengalami kekurangan air, Kamis tgl (25/10/18).



Cuaca yang cenderung panas di setiap harinya mengganggu aktivitas sebagian orang dalam bekerja di lapangan, selain itu beberapa petani mengalami gagal panen karena kurangnya pasokan air.

Menanggapi fenomena alam tersebut, Yayasan Mazro’atul Ulum Suwaduk menggelar sholat Istisqo bersama seluruh warga madrasah dan masyarakat sekitar.

Pelaksanaan sholat tersebut dilakukan di halaman Madrasah dengan melibatkan seluruh warga Madrasah di semua tingkatan dan warga sekitar pada hari kamis 25 Oktober 2018 pukul 09.00 WIB.

Adapun tujuan diadakanya sholat istisqo menurut KH. Ansori Lathif, S.Pd, M.Pd selaku ketua Yayasan Mazro’atul Ulum sekaligus penggagas pelaksanaan sholat istisqo di lingkungan Madrasah menuturkan, kegiatan ini merupakan tuntunan dari Rosulullah SAW dalam bermunajat kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan yang membawa berkah bagi semua makhluk.

Selain itu tujuan lainya adalah untuk memberi contoh kepada para siswa agar bisa mempraktekan ilmu yang didapatkan di bangku sekolahan perihal sholat tersebut.

Hal itu dikarenakan sholat ini merupakan kegiatan kondisiobal yang tidak dilakukan setiap saat, sehingga momen kemarau yang panjang ini menjadi saat yang tepat untuk melaksanakan praktek langsung sholat istisqo sambung beliau.

Sedangkan tata cara sholat istisqo sendiri masih sambung KH. Asori Lathif, S.Pd, M.Pd tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Namun ada beberapa kaifiyah (tata krama) yang berbeda dalam sholat Istisqo diantaranya dianjurkan berpuasa selama tiga hari dahulu kemudian pada hari ke empat pelaksanaan sholatnya.

Kaifiyah yang lainnya adalah tidak dianjurkan memakai pakaian yang bagus dan menggunakan wangi-wangian.

Kemudian pelaksanaan sholat lebih baik dilakukan di alam terbuka, karena dalam pelaksanaanya dianjurkan membawa anak kecil dan binatang peliharaan.

Ratusan santri dan masyarakat desa Suwaduk tawadhu dalam shalat Istisqo di halaman sekolah madrasah Mazro’atul Ulum.

Adapun kegiatan yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat adalah khutbah, membaca istigfar, dan doa bersama. (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Mengharap Hujan Tiba Madrasah Mazro’atul Ulum Laksanakan Sholat Istisqo Bersama Warga dan Masyarakat Suwaduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *