Friday, 20-05-2022 11:27:40 am
Home » Kabar Desa » Wisata Desa » Penelusuran Sejarah Desa Giling ” Misteri Sumur Goak Glagah ” (bag 1)

Penelusuran Sejarah Desa Giling ” Misteri Sumur Goak Glagah ” (bag 1)

(2292 Views) October 15, 2018 7:18 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Hampir di setiap desa memiliki situs dan asal-usul yang hingga saat ini masih dipercaya sebagaian besar masyarakat sebagai punden atau cikal bakal bahkan beberapa muncul tempat keramat yang masih menjadi misteri oleh warga setempat, berbagai macam pandangan muncul dalam menyikapi hal tersebut, hal inilah menjadi jejak tim (jasmerah) untuk lebih menelusuri situs-situs yang menjadi cagar budaya yang selama ini di uri uri oleh masyarakat setempat, Senin tgl (15/10/18).

Tim jejak sejarah saat wawancara dengan narasumber ataupun sesepuh desa.

Namun pada kenyataanya hal-hal mistis serta berbau klenik tidak pernah lepas dalam kehidupan seseorang yang bahkan dapat dibuktikan melalui narasumber yang bersangkutan.



Melalui penelusuran sejarah desa, tim Jasmerah (jangan sekali-kali melupakan sejarah) mencoba menguak “Sumur Goak Glagah” yang berada di dukuh Glagah desa Giling Kecamatan Gunung Wungkal – Pati pada tangal 13 Oktober 2018.

Awal mula ditemukanya sumur goak glagah menurut juru kuncinya Mbah Marjan pada tahun 1999 munculah sesosok pria yang berpenampilan seperti orang gila yang belakangan diketahui namanya Mbah Usman dari desa Sumbersari – Kayen.

Kedatangan Mbah Usman di desa Giling dengan memanggul tikar dan membawa dupa serta rambut gimbal sehingga banyak orang menganggapnya sebagai orang gila.

Akhir dari perjalanan Mbah Usman tertuju pada suatu tempat yaitu Vihara Glagah Wangi, di Vihara tersebut Mbah Usman beristirahat sejenak dengan tujuan menenangkan diri menurut keterangan dari Mbah Marjan.

Waktu terus berlalu dan terdengar berita sampai ke telinga Mbah Marjan bahwa Mbah Usman menjadi seorang paranormal di desanya.

Dengan mengajak sesepuh desa Mbah Marjan dan Mbah Kasiran mencoba untuk bertemu Mbah Usman di desa kediamannya desa Sumbersari Kayen.

Terjadi obrolan panjang dengan petunjuk ghaib bahwa Mbah Usman menugaskan Mbah Marjan untuk nguri-uri atau merawat rembesan atau sendang yang ada di desa Giling yang merupakan tempat danyang Giling yaitu Nyai Gemi dan merupakan pemandian Nawang Wulan.

Bentuk dari merawat tempat tersebut adalah dengan cara ketika ada acara sedekah bumi supaya membawa masakan yang dibawa ke sumur tersebut.

Memanjatkan doa dan permintaan yang baik-baik kepada sang pencipta misalnya supaya keluarga tenteram pekerjaan lancar dan lain sebagainya.

Pantangan yang tidak boleh dilakukan dalam memanjatkan doa di tempat tersebut adalah tidak diperkenankan berdoa yang jelek, misalnya untuk mencelakakan orang, minta nomer togel dan sepadanya.

Sumur Goak di percaya sebagai pemandian Nawang Wulan oleh warga dan masyarakat Desa’ Giling.

Hal tersebut menurut Mbah usman dapat membuat marah danyang dari sumur goak tersebut… (bersambung). (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Penelusuran Sejarah Desa Giling ” Misteri Sumur Goak Glagah ” (bag 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *