Sunday, 28-11-2021 10:45:17 pm
Home » Misteri » Penelusuran Sejarah Desa Giling “Misteri Sumur Goak Glagah” (bag 2)

Penelusuran Sejarah Desa Giling “Misteri Sumur Goak Glagah” (bag 2)

(956 Views) October 16, 2018 2:28 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Menyambung dari episode pertama ada beberapa kejadian mistis yang dialami oleh pelaku membuktikan bahwa sumur goak glagah memiliki nilai mistis dan misteri yang sulit dipercaya oleh nalar akal sehat, Selasa tgl (12/10/18).

Mas Wakijo saat di temui oleh tim jejak sejarah menceritakan pengalamannya yang di alami.

Ada beberapa kejadian yang dialami oleh warga setempat yang berhasil ditelusuri oleh tim jejak sejarah, demikian hasil penelusuran tim jasmerah berhasil menghimpun data yang akurat dari pelaku mistis tersebut.



Pada tahun 2013, sebut namanya Wakijo pemuda asal desa Giling sendiri mengalami langsung kejadian mistis yang ada di sumur goak glagah, kejadian dimulai ketika Wakijo pulang dari tanah perantauan.

Hasil rantau tambang emas yang didapat dari Sumatera cukup lumayan, sehinga Wakijo berinisiatif mengadakan acara syukuran dengan teman-teman satu kampungnya.

Namun acara syukuran dilakukan dengan cara yang negatif yaitu minum-minuman keras dan dilanjutkan membawa ambengan (manganan) yang dilakukan di sumur goak glagah.

Namun yang terjadi adalah nasi tidak dapat dimakan dikarenakan setiap orang yang memegang nasi akan terkena strum padahal ketika itu lampu sedang padam.

Beberapa kali kerumunan para pemuda tersebut mencoba untuk mengambil nasi dari wadahnya. Alhasil tetap tidak bisa karena ada energi strum yang menghalanginya.

Akhirnya mereka berinisiatif untuk meninggalkan lokasi sumur goak dan berencana membawa nasi tersebut menjauh dari lokasi.

Setelah kerumunan tersebut menjauhi dari sumur goak glagah barulah nasi dalam keadaan normal untuk dimakan dan lampu kembali menyala.

Pada malam hari ketika Wakijo terlelap dalam tidur beliau bermimpi didatangi sesosok tinggi besar yang marah kepadanya.

Keesokan harinya Wakijo ditemui Mbah Marjan selaku juru kunci sumur goak glagah dan menanyakan perihal sosok yang menemui Wakijo dalam mimpinya, akhirnya Wakijo menjelaskan perihal yang dialaminya bersama rekan-rekannya.

Akhir cerita Mbah Marjan mengajak Wakijo untuk kembali ke sumur goak glagah dan menyuruhnya untuk meminta maaf kepada penghuni sumur goak glagah dan berjanji tidak akan mengulangi kemaksiatan yang pernah dilakukanya.

Dari kejadian itu Wakijo banyak belajar dan tahun-tahun berikutnya ketika pulang merantau Wakijo mengadakan syukuran ke sumur goak glagah dengan cara sedekah berupa makanan ala kadarnya dengan tanpa menghadirkan minuman keras.

Cerita mistis yang tersimpan rapat oleh beberapa warga kerap menjadi bumbu cerita orang tua kepada anak-anaknya di kemudian hari, tentang keramat sumur Goak yang masih menyimpan banyak misteri.

Hampir setiap malam di pelataran sumur goak glagah selalu ramai dikunjungi warga dan masyarakat setempat, dalam bertafakur untuk menenangkan diri maupun yang lainnya.

Bahwa ada kehidupan dan dimensi alam ghaib lain yang terhubung dengan para leluhur…. (bersambung). (andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Penelusuran Sejarah Desa Giling “Misteri Sumur Goak Glagah” (bag 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *