Saturday, 04-12-2021 01:02:55 pm
Home » Pendidikan » MA Khoiriyah Sitiluhur Mengadakan LDK, Guna Meningkatkan Kapasitas dan Kesolitan Pengurus OSIM

MA Khoiriyah Sitiluhur Mengadakan LDK, Guna Meningkatkan Kapasitas dan Kesolitan Pengurus OSIM

(814 Views) November 12, 2018 8:48 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Latihan dasar kepemimpinan (LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Latihan dasar kepemimpinan sangat penting untuk melatih leadership para siswa-siswi MA Khoiriyah Sitiluhur.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada calon pengurus OSIM baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIM/OSIS periode 2018-2019 MA Khoiriyah.



Kegiatan bertemakan siapa takut jadi pemimpin, kegiatan diikuti delapan belas peserta, berlangsung selama dua hari, yakni hari sabtu – minggu tanggal 10 – 11 Nopember 2018 di aula sekolah, pemateri dari kepala sekolah, pembina osis, guru dan alumni.

Kegiatan dimulai pada hari sabtu siang dengan materi publick speaking  yang disampaikan oleh Ibu Siti Khotimah,S.Pd selaku kepala sekolah, peserta sangat antusias karena materi tersebut sangat menarik untuk di pelajari, calon pengurus OSIM mendapatkan tips dan trik berbicara didepan umum.

Disela-sela materi diberikan game untuk meningkatkan semangat serta melatih siswa untuk mengolah apa yang ingin disampaikan diorganisasi maupun didepan umum, agar bisa tersampaikan dengan baik.

Kegiatan hari kedua diawali dengan senam pagi, dilanjutkan materi kepemimpinan didampingi oleh Bapak Karyono,S.Pd.

Setelah itu diadakan rapat bidang kesekretariatan dan rapat pleno bidang lainya. Keputusan hasil rapat pleno menjadi program kerja OSIM MA Khoiriyah periode 2018-2019.

Dan hasil rapat dibacakan dijoglo wisata waduk gunung rawa, agar peserta bisa berwisata setelah berkegiatan untuk menghilangkan rasa penat dengan melihat pemandangan yang indah serta sejuk.

WAKA Kesiswaan Nur Hikmah, M.E mengatakan tema dalam kegiatan leadership untuk para pengurus OSIM MA khoiriyah Sitiluhur Pati adalah “Siapa takut menjadi Pemimpin” dan dilaksanakan selama dua hari.

Leader adalah pemimpin, menjadi leader mungkin terkesan mudah, tapi menjadi leader membutuhkan ketrampilan khusus bukan hanya sekadar bakat, karena leader hakikatnya adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam menjalankan aktvitas.

OSIM adalah salah satu organisasi siswa diinstitusi tingkat sekolah yang menjadi media, sarana untuk belajar apa saja bagi semua siswa yang memiliki keinginan tinggi, didalamnya ada banyak calon pemimpin yang harus dibekali dengan ketrampilan menjadi leader, minimal menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri.

MA Khoiriyah mengadakan kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi para pengurus OSIM termasuk dalam rangkaian rapat kerja OSIM periode 2018-2019.

Tujuan kegiatan ini agar para pengurus bisa mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak ada di bangku sekolah melalui KBM.

Beliau berharap kegiatan tersebut bisa menjadikan mereka lebih percaya diri, mampu membangun karakter dan melatih skill, mampu bersosialisasi dengan baik dilingkungan masyarakat, karena suatu saat mereka akan menjadi bagian dari masyarakat.

Dalam pelatihan ini peserta  dibekali dengan materi publick speaking, sehingga akan menjadikan pribadi yang mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bekerja tim dan menjadi calon pemimpin yang memiliki kemampuan kepemimpinan secara baik, bertanggung jawab, jujur, loyal serta solid.

Kepemimpinan adalah roda untuk menggerakkan sebuah organisasi, menjadi pemimpin yang pintar saja tidak cukup. Perlu beberapa pengalaman dan materi yang dikemas dalam LDK.

Ketika ingin menjadi sesuatu yang berarti kita harus belajar dan memahami sesuatu dengan baik, mempelajari apa yang kita inginkan untuk mendapatkan sesuatu adalah pengalaman yang sangat berharga. ($.rahman)

Published by

Categorised in:

No comment for MA Khoiriyah Sitiluhur Mengadakan LDK, Guna Meningkatkan Kapasitas dan Kesolitan Pengurus OSIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *