Monday, 08-08-2022 09:16:36 am
Home » Kabar Desa » KKN Undip Desa Jembulwunut Simulasi Membuat Alat Perangkap Nyamuk

KKN Undip Desa Jembulwunut Simulasi Membuat Alat Perangkap Nyamuk

(592 Views) January 23, 2019 9:25 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – KKN UNDIP Desa Jembulwunut kecamatan Gunung Wungkal kab. Pati selalu berinovasi dalam karya nyata bukti bahwa dengan alat sederhana mampu menanggulangi atau mengantisipasi penyakit Demam Berdarah.

Berkarya membangun negeri bersama TIM KKN Desa Jembulwunut.

Pembuatan Alat Perangkap Nyamuk sederhana di desa Jembulwunut sebagai salah satu sarana yang memadai selain mudah dan murah, memasuki musim hujan keberadaan nyamuk meningkat, apalagi daerah Jembulwunut yang sebagian besar berupa ladang di sekitar rumah mengakibatkan semakin banyaknya nyamuk yang semakin merajalela di musim penghujan sekarang ini, Rabu tgl (23/01/19).



Mahasiswa dari Tim I KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) Desa Jembulwunut Kecamatan Gunungwungkal mengenalkan alat perangkap nyamuk sederhana dari botol plastik bekas.

Perangkat nyamuk tersebut disosialisasikan pada acara rapat rutin PKK di desa Jembulwunut.

Perangkap nyamuk dibuat dari botol plastik air mineral bekas ukuran 1500 ml yang dibelah kemudian botol diisi dengan air gula, gula 50 gram dilarutkan ke 200 ml Fermipan atau ragi ditaburkan di bagian atas sekitar 1 gram, campuran tersebut akan mengeluarkan gas karbondioksida untuk menarik nyamuk.

Perangkap kemudian dibungkus plastik warna hitam agar menarik nyamuk masuk ke dalam perangkap dan tenggelam.

Ibu-ibu PKK antusias dengan penjelasan dan simulasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN.

Diharapkan dengan dikenalkanya alat perangkap nyamuk ini dapat mengurangi limbah botol plastik dan mengurangi pemakaian obat nyamuk yang tidak baik untuk kesehatan khususnya mengganggu pernafasan.

Dan kedepannya wabah penyakit demam berdarah yang di akibatkan oleh nyamuk aides aigepty bisa lebih berkurang sehingga kesehatan masyarakat lebih terjamin, walaupun dengan alat yang sangat sederhana. (Desty Dwi S)

Published by

Categorised in:

No comment for KKN Undip Desa Jembulwunut Simulasi Membuat Alat Perangkap Nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *