Wednesday, 04-10-2023 12:59:51 am
Home » Kabar Desa » Mahasiswa KKN Undip Ajak Lansia Desa Perdopo Antisipasi Bahaya Penyakit Hipertensi

Mahasiswa KKN Undip Ajak Lansia Desa Perdopo Antisipasi Bahaya Penyakit Hipertensi

(766 Views) January 23, 2019 10:05 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati –┬áKali ini senyum sumringah para lansia yang mengisi aula Balai Desa Perdopo menjadi pemandangan yang berbeda, sekitar 25 warga lanjut usia di Desa Perdopo berduyun duyun memenuhi kursi yang telah disediakan.

Membangun negeri ditapal batas, walaupun dengan segala keterbatasan fasilitas yang ada.

Mahasiswa KKN sigap menyambut mereka, bukan Posyandu balita, kali ini merupakan kegiatan Posbindu dan Posyandu untuk warga usia lanjut, (20/01/19).



Acara dimulai dengan pemberian pengetahuan umum mengenai penyakit Hipertensi oleh Intan Dwi Novita Hanum, mahasiswi jurusan Kesehatam Masyarakat Undip, dirinya juga menjelaskan bahaya, serta penyebab peyakit hipertensi.

Bertempat di Balai Desa Perdopo, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari hipertensi.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Werry Lisfani, mahasiswa jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Undip mengenai pengaturan pola makan sehat untuk para pengidap penyakit hipertensi, pra hipertensi, serta diet untuk mencegah penyakit tersebut.

Setelah pemberian materi, acara dilanjutkan dengan kegiatan senam lansia bersama dengan bidan dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Gunungwungkal Pati.

Meski dengan gerak patah-patah, warga desa terlihat begitu semangat mengikuti setiap gerakan senam yang dipandu oleh Riska Putri Pramitasari, mahasiswi Keperawatan, Fakultas Kedokteran Undip.

Rampung dengan kegiatan senam, acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, serta pengecekan tekanan darah gratis oleh para mahasiswa KKN dan Bidan Desa Perdopo.

Para warga mengaku sangat senang dengan adanya program ini, Aminah (60) salah seorang warga desa mengungkapkan bahwa dirinya merasa terbantu dan terharu karena adanya pemeriksaan kesehatan oleh mahasiswa kedokteran dan obat-obatan gratis yang disediakan oleh Bidan Desa Perdopo. (Paundria)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN Undip Ajak Lansia Desa Perdopo Antisipasi Bahaya Penyakit Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *