Friday, 21-01-2022 09:41:17 pm
Home » Kabar Desa » Mari Belajar Origami Bersama Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu

Mari Belajar Origami Bersama Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu

(890 Views) January 27, 2019 7:58 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Suasana sejuk dipagi hari menambah suasana nampak riang tepat pada pukul 09.30 WIB, suasana kegiatan belajar mengajar di ruang kelas VI SDN 01 Gadu tampak berbeda dari jumat biasanya, Jumat tgl (25/01/19).

Kegiatan origami adalah seni melipat yang sangat diminati oleh murid-murid SD 01 desa Gadu.

Hari ini mereka kedatangan tamu istimewa yaitu tim KKN Undip yang sedang mengabdi di Desa Gadu kecamatan Gunungwungkal Pati.



Maksud tujuan kedatangan mahasiswa KKN Desa Gadu ini adalah ingin mengajarkan keterampilan origami kepada para siswa.

Origami merupakan seni keterampilan melipat kertas yang berasal dari negara matahari terbit Jepang.

Keterampilan origami ini sudah masuk ke negara Indonesia sejak tahun 2000-an dan masih populer hingga saat ini.

Dengan bahan yang mudah didapat yaitu cukup dengan selembar kertas, origami ini sangat mudah dipelajari oleh setiap kalangan usia mulai dari anak – anak hingga dewasa.

Dengan kedatangan mas dan mbak KKN ini semakin menghidupkan suasana kelas VI SDN 01 Gadu ini.

Dengan penjelasan yang baik dan mudah dipahami dari mahasiswa KKN Desa Gadu terutama tutornya yaitu Indri Zulkarnain, Devi Pamularsih dan Fitria Qutrotunnada disertai dengan praktek secara langsung ini membuat para siswa kelas VI SDN 01 Gadu menjadi sangat antusias.

Reaksi dari para siswa yang berbondong – bondong berebut kertas juga membuat semangat para mahasiswa KKN Desa Gadu dalam memberikan pengajaran.

Selain memberi pengajaran yang menarik, para mahasiswa KKN Desa Gadu juga menyediakan fasilitas kertas dan spidol warna – warni guna menghias origami hasil karya para siswa.

Origami yang diajarkan kepada para siswa KKN bermacam – macam mulai dari pembatas halaman buku dengan berbagai bentuk karakter, sampai membuat orang – orangan sumo yang merupakan seni beladiri populer dari negara origami berasal yaitu Jepang.

Selain sebagai pembatas buku dan orang – orangan sumo, para mahasiswa KKN Desa Gadu juga memberikan saran kepada para siswa agar menambahkan hiasan pada origami berisi catatan – catatan kecil yang dapat menunjang proses belajar para siswa, seperti rumus matematika & IPA, hafalan kosakata bahasa inggris dan lain sebagainya.

Harapannya, selain meningkatkan kreativitas para siswa, seni origami ini dapat bermanfaat sebagai sarana hafalan pelajaran para siswa ketika bermain & di rumah nantinya.

Bapak Kepala Sekolah beserta para Bapak & Ibu Guru SDN 01 Gadu sangat mengapresiasi kegiatan pengajaran origami ini.

Mereka berharap nantinya keterampilan yang sudah diajarkan tersebut dapat bermanfaat bagi para siswa guna menunjang kemampuan dan semangat belajar para siswa.

Selain itu, kegiatan seperti ini juga dapat bermanfaat sebagai pengusir rasa jenuh siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Selain berterima kasih, bapak Kepala Sekolah SDN 01 Gadu juga berpesan agar para mahasiswa KKN Desa Gadu selalu menjaga kesehatan dan semangatnya dalam menjalankan program – program lainnya yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Gadu nantinya. (Indri)

Published by

Categorised in:

No comment for Mari Belajar Origami Bersama Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *