Tuesday, 07-12-2021 06:58:07 am
Home » Kabar Desa » Puskesmas Gunung Wungkal Berkunjung ke Desa Pesagen

Puskesmas Gunung Wungkal Berkunjung ke Desa Pesagen

(642 Views) January 25, 2019 11:31 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Pada pagi hari telah dilaksanakan kegiatan Posyandu yang bertempat di Balai Desa Pesagen. Rentang usia warga desa yang datang ke acara tersebutpun beragam, mulai dari balita hingga lansia, jumat tgl (25/01/19).

Saat warga desa melaksanakan senam kesehatan.

Pada kegiatan Posyandu tersebut dilakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan cek kesehatan untuk warga Lansia.



Pengecekan kesehatan warga Lansia dilakukan dengan melakukan pengukuran berat badan, pengecekan tekanan darah, serta konsultasi mengenai keluhan yang mungkin dirasakan para lansia.

Puskesmas mengingatkan bahwa dewasa ini kecenderungan penyakit yang mungkin terjadi adalah penyakit yang tidak menular, bukan lagi penyakit yang menular.

Penyakit tidak menular yang kerap kali diderita adalah Diabetes Mellitus, Hipertensi, dan Penyakit Jantung. Pihak Puskesmas kemudian menekankan tentang bahaya hipertensi, Hipertensi dapat terjadi karena pola hidup yang kurang baik contohnya pola makan dan stres.

Pihak Puskesmas mengatakan bahwa stres yang dimaksud bukanlah sakit jiwa, melainkan stres yang dimaksud adalah stres yang terjadi akibat tekanan psikososial.

Selain stres, kebiasaan makan makanan yang mengandung banyak garam dan kaffein juga dapat memicu terjadinya Hipertensi.

Pihak Puskesmas juga mengingatkan secara singkat bahaya rokok serta minuman keras yang juga dapat memicu Hipertensi.

Selain menghindari hal-hal yang menjadi pemicu, aktivitas fisik yang cukup, merupakan salah satu bentuk pencegahan Hipertensi yang dapat dilakukan.

Saat bidan puskesmas gunungwungkal memberikan pengobatan kepada balita.

Aktivitas fisik yang dimaksud bukan hanya melakukan pekerjaan rumah dan semacamnya, melainkan melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh kalangan lansia seperti senam dan jalan sehat.

Sebagai pengaplikasian dari aktivitas fisik yang dimaksud, acara ditutup dengan kegiatan senam lansia yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir yang dipantau langsung oleh tim 1 KKN Undip desa Pesagen. (Muhyidin)

Published by

Categorised in:

No comment for Puskesmas Gunung Wungkal Berkunjung ke Desa Pesagen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *