Sunday, 28-11-2021 11:40:38 pm
Home » Kabar Desa » Batik Tulis Desa Kenanti Capai Pemasaran Hingga Luar Negeri

Batik Tulis Desa Kenanti Capai Pemasaran Hingga Luar Negeri

(658 Views) February 21, 2019 3:48 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Tim KKN I UNDIP berkesempatan untuk membatu proses pembuatan batik tulis Bu Ida. Batik tulis tersebut merupakan karya Bu Ida warga desa Kenanti kecamtan Dukuhseti yang berbasis Home Industry, Kamis tgl (21/02/19).

Batik Kenanti dengan corak khas yang berbeda.

Motif dari batik tulis yang diproduksi mencerminkan kekhasan lokal dari desa Kenanti dan kabupaten Pati seperti kepiting, udang, kelapa kopyor, ikan bandeng dan lainnya.



Desain batik di gambar secara manual dengan tangan dan diproduksi sesuai pesanan. Proses pembuatan batik dimulai dengan pembuatan desain batik, kemudian dilanjutkan dengan pencantingan, dan pewarnaan.

Proses tersebut dapat memakan waktu satu minggu atau lebih cepat tergantung dari banyaknya pesanan dan kecepatan tangan pekerja.

“Desa kenanti memiliki banyak potensi UMKM salah satunya batik tulis Bu Ida, yang pemasarannya sudah sampai luar negeri.” Kata Pak Sutrisno selaku Sekertaris Desa Kenanti

“Usaha batik tulis ini mulai berjalan dari 2015, awalnya saya mengikuti pelatihan membatik yang diadakan oleh pemerintah desa dari PNPM Mandiri.

Dari situlah saya tertarik untuk mengembangkan minat saya pada batik tulis sekaligus membantu pengembangan desa Kenanti.

Alhamdulillah, sekarang ini pemasaran sudah mencapai luar negeri seperti Canada dan India yang dijual melalui metode word of mouth (mulut ke mulut).” Kata Bu Aida.

Salah satu produk unggulan desa Kenanti yang go internasional.

Peluang usaha dapat datang dari mana saja seperti dari minat dan bakat individu, diperlukan ketekunan untuk membuat usaha tersebut berkembang dan sukses. (Hanifah)

Published by

Categorised in:

No comment for Batik Tulis Desa Kenanti Capai Pemasaran Hingga Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *