Tuesday, 16-04-2024 10:31:00 am
Home » Kabar Desa » Edukasi Pentingnya Berpatisipasi Dalam Perkembangan Politik Sebagai Bagian dari Civil Society

Edukasi Pentingnya Berpatisipasi Dalam Perkembangan Politik Sebagai Bagian dari Civil Society

(790 Views) February 17, 2019 3:03 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Akhir-akhir ini, banyak stigma negatif yang berkembang terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan politik. Politik dimaknai secara delusional oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena elit politik itu sendiri.

Yemima Galih Pradipta belajar dalam membangun karakter bangsa melalui pentingnya edukasi politik.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga menganggap bahwa dunia politik itu sepenuhnya kepura-puraan, Minggu tgl (17/02/19).



Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat Indonesia yang apatis terhadap politik itu sendiri sehingga banyak masyarakat yang golput pada musim pemilu.

Pada tahun pemilu ini rasanya penting untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya berpolitik khususnya pada para pemuda di desa Gulangpongge kecamatan Gunungwungkal Pati.

Kebanyakan dari para pemuda ini juga merupakan pemilih baru sehingga mereka kebanyakan belum mengerti bagaimana cara memilih calon pemimpin dalam pemilu.

Dengan ini, salah satu anggota KKN Tim 1 Undip 2019, Yemima Galih Pradipta atau biasa dipanggil Mima membuat program “Edukasi Pentingnya Berpartisipasi dalam Perkembangan Politik sebagai Bagian dari Civil Society”.

Dalam program ini, Mima menjelaskan materi edukasinya di depan para pemuda anggota karang taruna desa Gulangpongge.

Beberapa materi yang disampaikan yaitu pentingnya berpartisipasi dalam dunia politik dan juga cara memilih calon pemimpin dan calon wakil rakyat dalam pemilu.

Mima menjelaskan bahwa Negara terbentuk oleh kontrak sosial antara rakyat pemimpin. Pemilu adalah cara untuk rayat berpartisipasi memilih pemimpin yang baik bagi negaranya.

Selain itu, Mima juga menjelaskan cara memilih calon pemimpin yang baik yaitu salah satunya dengan cara mencari rekam jejak sang calon.

Pemilu bukan semata memilih pemimpin yang baik, tetapi juga untuk mencegah yang terburuk berkuasa. Kesejahteraan negara juga akan menjadi kesejahteraan warganya. (Naufal Farid)

Published by

Categorised in:

No comment for Edukasi Pentingnya Berpatisipasi Dalam Perkembangan Politik Sebagai Bagian dari Civil Society

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *