Tuesday, 07-12-2021 06:17:49 am
Home » Kabar Desa » Hiburan Rakyat Campur Sari Menjadi Hiburan Favorit Warga Desa Gulangpongge

Hiburan Rakyat Campur Sari Menjadi Hiburan Favorit Warga Desa Gulangpongge

(620 Views) February 15, 2019 2:58 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Hiburan Rakyat, Campur Sari sudah menjadi tradisi yang mengakar kuat masyarakat pesisir utara atau pantura jawa khususnya Jawa Tengah.

Grup campur sari Cuplis Nada salah satu group musik favorit masyarakat Gulangpongge.

Kebutuhan akan hiburan sangat diperlukan setiap individu dengan adanya hiburan, manusia bisa kembali berpikiran jernih dan kembali fresh dalam menjalani semua aktifitasnya.



Warga Gulangpongge kec. Gunungwungkal kab. Pati memiliki beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan mereka akan hiburan.

Salah satu cara mereka untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan itu adalah dengan menikmati pagelaran Campur Sari.

Campur Sari sendiri adalah salah satu wujud kesenian musik yang tumbuh dan berkembang di daerah Jawa sebagai salah satu seni yang berlaraskan tembang tembang tradisional khas jawa.

Dalam pagelaran campur sari ini, selain menampilkan musik-musik dengan gabungan gamelan dan keroncong, juga menampilkan dagelan-dagelan khas Jawa yang dibawakan oleh beberapa orang seperti memerankan sebuah drama atau skenario.

Campur Sari ini tidak setiap saat dapat dinikmati oleh warga Gulangpongge.

Warga hanya dapat menikmati pagelaran ini setiap ada acara besar menampilkan hiburan campur sari ini, cara besar ini misalnya adalah pernikahan dan bersih desa maupun yang lainnya.

Seperti halnya yang berlangsung pada Senin kemarin, pada pagelaran campur sari ini banyak warga Gulangpongge yang datang untuk menikmati hiburan ini.

Warga dari semua dukuh yang ada di desa Gulangpongge datang untuk menonton pagelaran campur sari yang di selenggarakan di dukuh Karanganyar.

Begitu juga mahasiswa Tim 1 KKN Undip 2019 desa Gulangpongge yang ikut menyaksikan pagelaran campur sari tersebut.

Pagelaran Campur Sari ini berlangsung selama 3,5 jam dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 23.30 WIB Pagelaran ini diselenggarakan karena adanya warga desa Gulangpongge yang menikah dan diselingi kampanye politik oleh salah satu Caleg yang berasal dari salah satu desa di kecamatan Gunungwungkal Pati. (Naufal Farid)

Published by

Categorised in:

No comment for Hiburan Rakyat Campur Sari Menjadi Hiburan Favorit Warga Desa Gulangpongge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *