Tuesday, 17-05-2022 11:25:21 am
Home » Kabar Desa » Kegiatan Posbindu Dan Senam Sehat Bersama Lansia Desa Jrahi

Kegiatan Posbindu Dan Senam Sehat Bersama Lansia Desa Jrahi

(605 Views) February 10, 2019 1:45 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Saat ini Tim 1 KKN Undip Desa Jrahi menghadiri kegiatan Posbindu Lansia. Posbindu diadakan rutin setiap tanggal 10 namun pada bulan ini tanggal 10 jatuh pada hari minggu maka kegiatan Posbindu dimajukan pada tanggal 9 Februari 2019.

Senam sehat sangat membantu bagi kesehatan para lanjut usia saat ini menjadi program yang sangat diminati.

Kegiatan Posbindu Lansia dihadiri oleh 10 orang lansia yang berlokasi di Balai Desa Jrahi. Rangkaian acara kegiatan Posbindu dimulai dengan dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti tinggi badan, berat badan dan pengukuran tekanan darah.



Pada pemeriksaan tinggi badan, mayoritas lansia sudah tidak mampu untuk berdiri tegak maka pengukuran tinggi badan dilakukan dengan menggunakan tinggi lutut atau menggunakan panjang lengan yang di hitung menggunakan rumus.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan kemudian dilanjutkan oleh pendataan setiap lansia seperti identitas pribadi, pekerjaan, keadaan rumah, penyakit, alergi yang dialami, obat yang dikonsumsi dan lain lain dan data yang telah didapat kemudian dicatat kedalam buku masing masing lansia.

Lansia diperiksa oleh bidan dan apabila terdapat suatu keluhan maka dapat diberikan tindak lanjut seperti pemeriksaan pada anggota tubuh yang sakit dan kemudian diberikan obat untuk mengatasi penyakit yang dialami.

Setelah pemeriksaan kesehatan dan pendataan selesai dilakukan, mahasiswa KKN Undip Tim 1 Desa Jrahi mengadakan senam sehat bersama bapak ibu lansia. Senam sehat bersama ini bermanfaat untuk kesehatan, tidak hanya lansia, senam sehat bersama di ikuti oleh kader posbindu lansia.

Kegiatan senam sangat digemari karena dapat membuat badan menjadi lebih sehat terutama untuk lansia, setelah senam sehat bersama yang pertama selesai, ibu kader meminta di putar dan di lakukan kembali gerakan senam tersebut dan dapat dilanjutkan setiap bulannya pada saat pelaksanaan Posbindu Lansia. (Qoirina)

Published by

Categorised in:

No comment for Kegiatan Posbindu Dan Senam Sehat Bersama Lansia Desa Jrahi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *