Monday, 20-05-2024 04:45:34 pm
Home » Kabar Desa » Kelas Ibu Hamil dan Perawatan Pasca Melahirkan Oleh Tim KKN Undip Desa Jembulwunut

Kelas Ibu Hamil dan Perawatan Pasca Melahirkan Oleh Tim KKN Undip Desa Jembulwunut

(901 Views) February 7, 2019 3:59 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Setelah 1 minggu melakukan survey ditemukan masalah kesehatan mengenai upaya peningkatan pengetahuan ibu hamil di desa Jembulwunut sehingga dilakukan sosialisasi pendidikan kesehatan mengenai resiko tinggi pada ibu hamil, gizi seimbang untuk ibu hamil dan pelaksanaan serta pelatihan kepada ibu hamil pasca melahirkan dalam melakukan perawatan payudara (breast care) dan pijat oksitosin, (18/01).

Kelas ibu hamil oleh Tim KKN Undip Desa Jebulwunut.

Kegiatan pelaksanaan kelas ibu hamil bertujuan untuk mengingatkan kembali mengenai pentingya kesehatan ibu hamil dan bayi serta terpenuhinya gizi.



Kegiatan kelas ibu hamil yang dilaksanakan oleh Eko Joko P, Josephine dan Ayu Martha dihadiri oleh 8 ibu hamil.

Pelaksanaan kegiatan pertama yaitu Pendidikan kesehatan kepada ibu hamil mengenai resiko tinggi ibu hamil dan juga tanda bahaya ibu hamil dilakukan oleh Eko Joko P pemaparan materi menggunakan media leaflet.

Kegiatan kedua yaitu gizi seimbang pada ibu hamil oleh Josephine.

Media yang digunakan presentasi melalui powerpoint dan dijelaskan makanan-makanan yang perlu dikonsumsi untuk ibu hamil.

Kegiatan ketiga mengenai perawatan payudara dan pijat oksitosin oleh Ayu martha, media yang digunakan power point dan juga alat-alat untuk menunjang perawatan payudara dan pijat oksitosin.

Kegiatan kelas ibu hamil berlangsung dengan lancar dan partisipasi ibu hamil yang tinggi dilihat dari beberapa ibu hamil yang melontarkan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Kegiatan kelas ibu hamil tersebut juga dibagikan lembaran leaflet mengenai resiko tinggi dan tanda bahaya ibu hamil, makanan MP-ASI dan juga leaflet perawatan payudara.

Ayu Martha pembekalan materi bagaimana perawatan pasca melahirkan.

Kelas ibu hamil juga digunakan sebagai kegiatan sharing-sharing antar ibu-ibu hamil, tenaga kesehatan dan mahasiswa kesehatan TIM 1 KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO Kab. PATI Desa JEMBULWUNUT. (Eko Joko Prasetyo)

Published by

Categorised in:

No comment for Kelas Ibu Hamil dan Perawatan Pasca Melahirkan Oleh Tim KKN Undip Desa Jembulwunut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *