Tuesday, 17-05-2022 11:10:37 am
Home » Kabar Desa » Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu Ajak Siswa SD Menggosok Gigi Dengan Baik dan Benar

Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu Ajak Siswa SD Menggosok Gigi Dengan Baik dan Benar

(904 Views) February 4, 2019 8:57 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Gigi merupakan salah satu organ penting dalam proses pencernaan makanan pada manusia.

Pentingnya edukasi sejak dini tentang kesehatan gigi kepada siswa SD 01 Gadu.

Selain untuk mempermudah proses pengolahan makanan dengan cara menggilas dan menghaluskan makanan menjadi berukuran lebih kecil, gigi yang terletak di dalam organ mulut ini juga memiliki enzim amilase yang berfungsi mengubah karbohidrat (amilum) menjadi glukosa dan fruktosa yang dibutuhkan sebagai sumber energi dalam proses metabolisme tubuh.



Dikarenakan peran gigi yang begitu penting bagi tubuh manusia ini maka sangat diperlukan perawatan yang baik terhadap organ gigi ini.

Merawat gigi merupakan pekerjaan yang mudah dan sederhana namun terkadang sering disepelekan.

Gigi yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan bau mulut, gusi berdarah, gigi berlubang dan keropos, hingga gigi menjadi rusak.

Banyak orang yang harus merelakan giginya dicabut dan harus menggunakan gigi palsu, banyak orang mulai dari usia tua, dewasa, hingga anak muda tersiksa karena harus menggunakan gigi palsu akibat gigi mereka rusak.

Oleh karena itu, pemberian pengetahuan tentang perawatan gigi terutama dengan menggosok gigi yang baik dan benar diperlukan sejak usia dini.

Dengan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip pada hari Jumat Pagi, 1 Februari 2019 pukul 09.00 WIB bekerjasama dengan pihak sekolah SDN 01 Gadu melakukan edukasi tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada para siswa SDN 01 Gadu.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas IV, V, dan VI SDN 01 Gadu yang berjumlah 54 siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan olahraga SDN 01 Gadu ini diawali dengan pemberian materi pengenalan jenis dan fungsi gigi serta pentingnya perawatan gigi yang disampaikan oleh Fitria Qotrotun Nada.

Setelah materi tersebut dilanjutkan pemberian materi tentang langkah menggosok gigi yang baik dan benar yang disampaikan oleh Delima Budiman.

Materi ini lebih mudah dipahami karena menggunakan alat peraga gigi manusia yang dipinjamkan oleh Puskesmas Kecamatan Gunungwungkal Pati.

Setelah pemberian contoh ini dilanjutkan praktek menggosok gigi secara langsung oleh para siswa SDN 01 Gadu dengan dibimbing oleh para mahasiswa KKN Undip Desa Gadu.

Para siswa yang sudah menyiapkan perlengkapan menggosok gigi dan air kumur setelah hari sebelumnya diberikan informasi dari para Guru SDN 01 Gadu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Selain antusiasme para siswa, tanggapan yang positif juga diberikan dari pihak sekolah SDN 01 Gadu atas berlangsungnya kegiatan ini.

Pihak Sekolah yang diwakili Bapak Suparman, S.Pd SD selaku kepala sekolah SDN 01 Gadu ini memang sejak lama telah khawatir terhadap pola kesehatan gigi para siswanya, karena pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dan gosok gigi di setiap kelas namun tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa.

Oleh karena itu, harapan dari pihak sekolah setelah kegiatan ini dilakukan para siswa dapat lebih rajin dalam merawat gigi dan dapat memanfaatkan secara baik fasilitas yang disediakan oleh sekolah.

Antusiasme para siswa dalam mengikuti praktek gosok gigi yang benar.

Kegiatan ini dapat terbilang sukses dibuktikan dengan para siswa yang sudah dapat menggosok gigi dengan baik dan benar.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian hadiah bagi siswa yang berani dan secara benar menerangkan jenis dan fungsi gigi serta langkah menggosok gigi dengan baik dan benar, serta foto bersama dengan seluruh siswa peserta kegiatan. (M. Muhyidin & Nickzad Pratama)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN Undip Desa Gadu Ajak Siswa SD Menggosok Gigi Dengan Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *