Friday, 03-12-2021 07:07:29 pm
Home » Kabar Desa » Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Wisata Religi Desa Gunungwungkal Pati

Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Wisata Religi Desa Gunungwungkal Pati

(962 Views) February 21, 2019 3:21 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Kecamatan Gunungwungkal ramai dengan bazar yang dibuat oleh mahasiswa Undip dalam rangka memamerkan produk unggulan dari masing-masing desa di Kecamatan Gunungwungkal Pati, (14/02/19).

Stand posko KKN Undip desa Gununwungkal Pati.

Kegiatan bazar dan pameran yang diadakan oleh mahasiswa Undip merupakan suatu rangkaian acara Expo KKN Undip Tim I di Kecamatan Gunungwungkal Pati.



Acara expo merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diawali dengan kegiatan turnamen voli antar desa di kecamatan Gunungwungkal yang telah berlangsung pada tanggal 10 Februari 2019 di desa Sidmulyo Kecamatan Gunungwungkal.

Pameran dan bazar pada tanggal 14 Februari merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan, dimana dalam acara pameran dan bazaar terdapat pameran dari masing-masing desa dengan mengusung tema masing-masing produk dan program unggulan mereka dan terdapat kegiatan pentas budaya dari beberapa desa di Kecamatan Gunungwungkal Pati.

Kegiatan tersebut secara khusus dihadiri langsung oleh Bupati Pati Bapak Haryanto beserta jajarannya dan dihadiri pula direktur inovasi dan pengembangan hasil riset dari Undip Bapak I nyoman Widiasa sebagai perwakilan Rektor Undip.

Acara expo dimulai pukul 09.30 WIB dan dibuka dengan beberapa sambutan dari ketua penyelenggara, Camat, Perwakilan dari Undip serta Bupati Pati.

Setelah sesi sambutan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dari turnamen voli antar desa yang telah dilaksanakan dan dimenangkan oleh desa Jrahi.

Selanjutnya Bupati beserta semua jajaran camat dan perwakilan perangkat desa melakukan kunjungan ke masing-masing stand dari tiap desa.

Terdapat stand yang cukup unik dan menarik serta mengusung tema yang cukup “nyentrik”, yaitu stand dari desa Gunungwungkal Pati.

Suasana jawa sangat terasa saat pertama kali memasuki stand desa Gunungwungkal dengan berbagai ornament kain batik dan hiasan dari dedaunan kering yang menjadi background stand.

Taburan bunga serta sambutan dari mahasiswa yang menggunakan beskap lengkap menambah suasana uni dari stand desa Gunungwungkal Pati.

Tema unik yang diusung adalah tema makam jawa yang sesuai dengan program unggulan mahasiswa KKN mengenai “Desa Wisata Berbasis Budaya dan Kesehatan Lingkungan”.

Potensi wisata di desa Gunungwungkal adalah Makam Mbah Sentono di Desa Gunungwungkal yang merupakan salah satu abdi dalem dari sunan Muria.

Dalam stand desa Gunungwungkal dipamerkan beberapa produk unggulan yang mendukung terciptanya desa wisata religi di desa Gunungwungkal Pati.

Beberapa produk yang dihasilkan dari kolaborasi antara mahasiswa perangkat desa dan pengurus makam adalah buku sejarah desa, buku sejarah makam Mbah Sentono, Indikator wisata sehat, weblog makam Mbah Sentono, modul pengelolaan sampah dan infografis monografi desa.

Tema makam dan ornament yang mendukung membuat stand desa Gunungwungkal terlihat unik dan berbeda dari stand lainnya. (hany)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Wisata Religi Desa Gunungwungkal Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *