Sunday, 21-04-2024 09:14:16 am
Home » Kabar Desa » Nandur Mangrove Njogo Pesisir Oleh Tim KKN Undip Desa Kembang

Nandur Mangrove Njogo Pesisir Oleh Tim KKN Undip Desa Kembang

(965 Views) February 12, 2019 3:24 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Kopilink (Komunitas Peduli Lingkungan) Desa Kembang menyelenggarakan kegiatan menanam mangrove di Dukuh Sumurtowo Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, Selasa tgl (12/02/19).

Membangun negeri ditapal batas, bersama seluruh komponen masyarakat setempat.

Mangrove mampu memecah gelombang laut yang tinggi, sehingga dapat menghambat masuknya air laut ke daratan atau abrasi yang akhirnya dapat mengurangi keberadaan tanah atau tergerus oleh air laut.



Penanaman mangrove yang dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Camat Dukuheti, Kepala Desa Kembang, Polri, Koramil Dukuhseti, serta siswa SD/ MI, dan siswa SMK/ MA dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan penanaman mangrove berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai jam 12.35 WIB yang diawali dengan sambutan-sambutan kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove di sepanjang bibir pantai Sumurtowo kecamatan Dukuhseti Pati.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati Bapak Eko dalam sambutannya menjelaskan, “Kami sangat mendukung kegiatan mangrove yang mana tujuan dari penanaman mangrove ini diharapkan dapat menjaga ekosistem pantai di Dukuh Sumurtowo.

Selain itu juga saya berharap setelah mangrove tertanam masyarakat sekitar bisa merawat oleh masyarakat sekitar karena tantangan terbesar adalah merawat mangrove tersebut untuk dijadikan penahan abrasi atau wisata hutan mangrove.

Kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama yang meliputi pemerintah, masyarakat, serta stakeholder yang mana generasi muda sebagai pengeraknya.”

Tim KKN Undip Desa Kembang, berjuang demi Nusa dan Bangsa.

Kegiatan penanaman mangrove berlangsung meriah dengan mendapat berbagai dukungan dari masyarakat sekitar, pemuda Desa Kembang serta siswa SD, MI, SMA, serta MA di Desa Kembang. (Emie)

Published by

Categorised in:

No comment for Nandur Mangrove Njogo Pesisir Oleh Tim KKN Undip Desa Kembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *