Friday, 21-01-2022 09:41:52 pm
Home » Kabar Desa » Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Kompos dan Pembuatan Pestisida Alami dari Bawang Putih

Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Kompos dan Pembuatan Pestisida Alami dari Bawang Putih

(650 Views) February 3, 2019 11:00 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Telah diadakan program pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik dan pestisida alami yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM I 2019 Universitas Diponegoro di balai Desa Bancak kec. Gunungwungkal Pati, program ini dihadiri oleh bapak sekretaris desa dan para kelompok tani.

Pembuatan pupuk organik sebagai media para petani meningkatkan produktivitas.

Tujuan dari pelaksanaan program pembuatan pupuk kompos adalah untuk memberitahukan kepada para kelompok tani untuk meningkatkan kepedulian masyarakat bagaimana cara dalam menangani masalah sampah organik, memberitahukan kepada para kelompok tani bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos, dan mengurangi kebiasaan masyarakat yang suka membakar sampah dan membuang sampah sembarangan.



Dan tujuan untuk pembuatan pestisida alami agar para kelompok tani bisa membuat pestisida alami dan bisa menghemat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bancak dan terhindar dari pencemaran air, tanah, dan lingkungan.

Bahan-bahan dalam pembuatan pupuk kompos pun mudah didapatkan. Limbah organik yang berupa sayur-sayuran dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah diuraikan oleh decomposer (EM4).

Dalam pembuatan pestisida alami pun sangat mudah sekali, yang hampir semua masyarakat dari berbagai usia bisa membuatnya.

Bahan dari pembuatan pestisida alami ini adalah bawang putih, dikarenakan pada bawang putih memiliki kandungan kimia metilalin trisulfida dan aliin yang bisa menolak kehadiran hama wereng, belalang, dan serangga lainnya.(Virginia)

Published by

Categorised in:

No comment for Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Kompos dan Pembuatan Pestisida Alami dari Bawang Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *